Baru mau dipensiunkan Hawk T1 Inggris jatuh, dua pilotnya selamat

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Sebuah jet latih Angkatan Laut Inggris Hawk T1 jatuh saat melaksanakan latihan penyerangan terhadap kapal pada Kamis pagi, (25/3). Penduduk melihat jet itu terbang rendah di area The Lizard, Cornwall, sebelum akhirnya terlihat dua parasut mengembang di udara sementara pesawat berbelok dan menabrak hutan. .

Hawk T1 yang naas itu berasal dari Skadron Udara Angkatan Laut 736 yang berbasis di Culdrose.

Daily Mail memberitakan, kedua pilot yang menerbangkan pesawat berhasil menyelamatkan diri dengan keluar dari pesawat menggunakan kursi lontar. Mereka ditemukan dalam keadaan sehat dan sedang berbincang, berjarak tiga kilometer dari lokasi jatuhnya pesawat.

Kedua pilot langsung dievakuasi ke Rumah Sakit Derriford di Plymouth.

AL Inggris mengatakan, peristiwa ini merupakan kecelakaan pertama dalam 18 tahun terakhir sejak 2003. Pilot selamat berkat penggunaan kursi lontar buatan Martin-Baker.

Investigasi langsung dilakukan untuk mengetahui penyebab jatuhnya pesawat yang rencananya akan dipensiunkan oleh Kementerian Pertahanan Inggris bersama sejumlah pesawat lainnya itu.

Langsung di-grounded sementara

Sementara itu Independent melaporkan, Kementerian Pertahanan Inggris telah memerintahkan Royal Navy dan Angkatan Udara Kerajaan (RAF) untuk menghentikan sementara pengoperasian (grounded) armada Hawk T1 sampai investigasi selesai dilaksanakan.

Pesawat yang jatuh ini jenisnya sama dengan pesawat yang digunakan oleh tim aerobatik RAF, Red Arrows.

Hawk T1 digunakan oleh militer Inggris sejak tahun 1976.

Tanto Eagle

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *