Gantikan MiG-31BM, MiG-29K bertugas pertama kali di Kutub Utara

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Armada jet tempur MiG-29K terbang meninggalkan basisnya di kapal induk Rusia Admiral Flota Sovetskogo Soyuza Kuznetsov menuju wilayah Kutub Utara.

Pesawat-pesawat bersayap lipat itu terbang untuk selanjutnya mendarat di Kepulauan Novaya Zemlya, Kutub Utara.

Penggantian tugas jaga dari armada MiG-31BM ke MiG-29K, merupakan salah satu rotasi kekuatan.

Seperti diberitakan TASS pada 12 Maret 2021, proses pergantian tugas telah dilaksanakan di Resimen Penerbangan Komposit di Lapangan Udara Rogachyovo Armada Utara.

MiG-31BM untuk pertama kalinya digantikan di Kutub Utara oleh MiG-29K yang berasal dari basis Resimen Penerbangan Lintas Kapal ke-100 Angkatan Udara Armada Utara dan Pertahanan Udara Militer Rusia.

Bagi MiG-29, tugas tempur baru ini juga dalam rangka memperluas wilayah penerbangan tempur Armada di Kutub Utara sekaligus meningkatkan zona kontrol wilayah udara di rute Laut Utara.

Sementara itu, resimen pertahanan udara telah ditempatkan di wilayah Kutub Utara beberaa tahun terakhir, yaitu dengan menempatkan Angkatan Udara ke-45 Armada Utara serta Pertahanan Udara Militer Rusia dengan sistem rudal S-400 Triumf.

Resimen Penerbangan Lintas Kapal ke-100 mengoperasikan pesawat tempur generasi 4+ MiG-29K.

Sebelum ini pilot-pilot pesawat tersebut bertugas mendukung patroli di Laut Mediterania yang dipimpin oleh kapal induk Admiral Kuznetsov.

Rhandy Foxbat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *