Skema baru kamuflase Tim Demo A-10 Thunderbolt II USAF

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Setelah beberapa waktu muncul foto A-29 Super Tucano milik USAF yang menggunakan kamuflase Perang Dunia II menyerupai armada P-51 Mustang milik Grup komando Udara ke-1 di Burma pada 1944, kini pesawat serang A-10C Thunderbolt II (Warthog) milik Tim Demo A-10 Angkatan Udara AS (USAF) juga menampilkan skema baru yang menarik.

Pesawat diberi warna khas hijau dan coklat, mengingatkan orang pada kamuflase pesawat tempur F-105 Thunderchief yang diterbangkan Wing Tempur Taktis ke -355 (pendahulu Wing Tempur ke-355) selama Perang Vietnam.

Yang juga tampak beda, di bagian hidung pesawat ini ditulis nama-nama anggota skadron pesawat ini yang gugur maupun hilang atau tertawan di Perang Vietnam.

Hal ini mengingatkan pada kamuflase F-15C Wing Tempur ke-104 beberapa waktu lalu yang juga menampilkan nama-nama anggota skadron yang telah gugur di medan perang dengan membentuk gambar seperti Bendera Amerika Serikat.

Kalau kita melihat ke tahun lalu, dapat dikatakan pesawat A-10C yang diberi warna “warisan” perang ini adalah yang kedua. Sebelumnya, pesawat A-10C Tim Demo USAF juga diberi warna khusus pada akhir 2019 lalu.

A-10 corak baruUSAF

Pesawat diberi warna hijau di atas warna abu-abu dengan garis-garis invasi untuk menghormati anggota Unit Kolonel Henry Brown.

Kolonel Brown tidak adalah seorang Ace semasa PD II dengan skor tertinggi dari Grup Fighter ke-355. Ia menerbangkan P-51 Mustang di belahan Eropa.

Penggunaan kamuflase oleh A-10C pada tahun lalu tidak lama karena kemudian warnanya dikembalikan lagi ke warna dasar abu-abu standar USAF. Tahun lalu, tim demo juga tidak banyak melaksanakan pertunjukan udara karena terjadi pandemi COVID-19.

Sementara itu pesawat F-16 yang digunakan oleh Tim Demo USAF juga pada Mei 2020 telah menggunakan kamuflase yang disebut venom, menyerupai sisik ular dengan warna dasar hitam berkelir putih dan kuning.

Team DemoUSAF

Pesawat Tim Demo USAF A-10, F-16, F-35, dan F-22 tahun lalu terbang bersama untuk sesi pemotretan. Hanya saja untuk F-35 dan F-22 memang tidak diberi kamuflase khusus karena dapat menggantu lapisan khusus yang digunakan untuk karakteristik simulan mereka.

Belum diketahui sampai kapan skema A-10 Tim Demo USAF yang baru ini akan bertahan.

Menurut rencana terdahulu, setiap tahun warnanya akan diganti. Tetapi, hal itu belum mendapatkan konfirmasi terbaru, apakah akan laksanakan seperti itu atau ada perubahan terbaru.

Roni Sont