Selama Dua Minggu, Enam Hawk “Black Panther” Latihan Tempur di Aceh

ANGKASAREVIEW.COM – Selama dua minggu sejak 23 Februari lalu, enam jet tempur taktis Hawk 100/200 “Black Panther” berada di Aceh guna melaksanakan latihan tempur dan pengamanan wilayah udara.

Kedatangan rombongan pesawat yang dipimpin Komandan Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin Letkol Pnb Adhi Safarul Akbar ini diterima langsung oleh Danlanud Sultan Iskandar Muda (SIM) Kolonel Nav Indrastanto Setiawan, S.Sos.

Salah satu materi latihan yang akan dilaksanakan para penerbang “Black Panther” di Aceh adalah penggunaan rudal udara ke darat AGM-65 Maverick.

Danlanud Sultan Iskandar Muda mendukung penuh pelaksanaan latihan. Dikatakan, kegiatan latihan dan patroli pengamanan wilayah udara bukan hanya meningkatkan kemampuan serta profesionalisme Skadron Udara 12, melainkan juga meningkatkan kemampuan dan profesionalisme Lanud SIM dalam mendukung operasi penerbangan.

Penlanud SIM

Skadron Udara 12 dibentuk pertama kali pada 12 September 1963 di Kemayoran, Jakarta Pusat dengan kekuatan pesawat kala itu MiG-19 yang kemudian diganti dengan MiG-21.

Akhir tahun 1970-an, skadron ini terpaksa dibekukan sementara berhubung ketiadaan suku cadang pesawat-pesawat yang digunakan.

Memasuki awal 1980-an, Indonesia membeli 16 A-4 Skyhawk dari Israel dan menempatkannya sebagai kekuatan Skadron Udara 12 di Lanud Iswahjudi, Madiun.

Lima tahun berada di Madiun, Skadron Udara 12 kemudian dipindahkan ke Pekanbaru, Riau sejak 28 Maret 1985. Dipindahkannya skadron ini berkaitan dengan pemerataan kekuatan udara untuk menjaga seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Di Pekanbaru yang sekaran mejadi Lanud Roesmin Nurjadin, Skadron Udara 12 diresmikan penggunaannya pada 2 Mei 1983.

Bertahan hingga 1994, sisa pesawat A-4 yang ada di Skadron Udara 12 kemudian digabungkan ke Skadron Udara 11 Lanud Hasanuddin, Makassar. Mulai 14 Mei 1997 Skadron Udara 12 diperkuat oleh pesawat baru yang dibeli dari Inggris, yakni Hawk 100/200. RONI SONTANI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *