F-16 hadir di Kendari untuk melaksanakan latihan dan operasi

F-16 di HaluoleoPenlanud Hlo
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Untuk menguji kesiapan tempur dan pengenalan landasan pacu di wilatah timur Indonesia, satu flight pesawat tempur F-16 Figthing Falcon Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi melaksanakan penerbangan jelajah ke Lanud Haluoleo Kendari, Sulawesi Tenggara, pada 17 Februari 2021.

Komandan Lanud Haluoleo Kolonel Pnb Muzafar menjelaskan, kedatangan pesawat F-16 dari Skadron Udara 3 adalah untuk melaksanakan patroli wilayah udara dan perairan sekaligus untuk menguji dan melatih kesiapan tempur para penerbangnya.

Boeing_contoh2

Kedatangan F-16 ke Lanud Haluoleo Kendari, seperti disiarkan Dispenau, menambah kebanggaan warga Kendari karena salah satu penerbangnya adalah putra asli Sulawesi Tenggara, yaitu Lettu Pnb Muhammad Fachry Nosar.

Sementara itu Komandan Lanud Halu Oleo kepada media setempat mengatakan, pesawat F-16 dari Skadron Udara 3 yang datang ke Lanud Haluoleh berjumlah enam unit.

Pesawat-pesawat tersebut selain melaksanakan penerbangan jelajah juga akan melaksanakan Operasi Lintas Seriwang.

Kegiatan ini merupakan latihan rutin yang dilaksanakan oleh Skadron Udara 3, Wing Udara 3, Lanud Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur.

F-16 di KendariPenlanud Hlo

F-16 melaksanakan pengisian bahan bakar dengan metode “Hot Pit” di Lanud Haluoleo, Kendari.

Dalam latihan ini, pesawat F-16 juga melaksanakan pengisian bahan bakar di landasan dengan metode “Hot Pit” yaitu pengisian bahan bakar di landasan dengan kondisi mesin masih menyala agar pesawat yang baru mendarat bisa kembali mengudara dengan cepat.

Roni Sont

3 Replies to “F-16 hadir di Kendari untuk melaksanakan latihan dan operasi”

  1. Lanud di kendari ini sangat vital, selain posisinya yg menghadap ALKI III juga jaman dulu fasilitasnya dan landasannya lebih lengkap dibanding makasar…..malah saat jepang menduduki Indonesia, lanud kendari menjadi pangkalan tumpuan utk menyerang ke sisi barat Indonesia.

    Sebaliknya saat melancarkan operasi memadamkan pemberontakan permesta dan kahar muzakar….ganti lanud ini yg menjadi tumpuan utk melancarkan operasi bagi AURI

  2. Boeing
  3. di photo diatas TS 1622 berarti batch Bima Sena II F16 C/D….setau saya pas datang tempat drag chute nya ngga yg model gede gini, pas di photo diatas dah pake tempat drag chute yg besar kayak punya TS 1601-1612

  4. Boeing
  5. Sayang pesawat yang tampak cuma satu. Senang kalau liat keenamnya parkir berjejer.
    Kalau hot-pit berarti mereka segera terbang lagi ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *