Rostec mulai produksi massal mesin turbofan PD-14 untuk jet MC-21

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Rostec mulai melakukan produksi massal mesin turbofan PD-14 untuk pesawat jet komersial MC-21. Hal ini dilakukan setelah mendapatkan sertifikasi dari Badan Transportasi Udara Federal (Rosaviatsiya).

Sertifikasi diterima oleh United Engine Corporation-Perm Engines, bagian dari Rostec.

Proses sertifikasi diselenggarakan dalam dua tahap. Pada tahap pertama, komisi perwakilan Rosaviatsiya dan Aviation Register menganalisis sistem manajemen mutu (QMS) untuk kepatuhan dengan persyaratan peraturan Penerbangan Federal.

Pada tahap kedua, para ahli mengevaluasi proses teknologi pembuatan, perakitan, dan pengujian mesin pesawat.

Direktur Industri Kluster Penerbangan Rostec Anatoly Serdyukov mengatakan, PD-14 menjadi cikal bakal seluruh keluarga mesin dalam negeri yang mengintegrasikan teknologi dan material modern.

“Sertifikat tersebut memungkinkan peluncuran produksi massal mesin-mesin ini. Pada tahun 2021, kami berencana untuk memproduksi beberapa PD-14 baru, yang akan menjadi digunakan sebagai cadangan selama uji penerbangan pesawat MC-21-310 yang baru,” ujar Serdyukov seperti Airspace Review kutip dari siaran pers Rostec.

Proses sertifikasi produksi juga mencakup pengujian kualifikasi salah satu mesin PD-14 baru, yang memastikan kesesuaian karakteristik teknisnya dengan dokumentasi desain.

PD-14 merupakan mesin turbofan pertama yang dibuat di Federasi Rusia modern.

Desainnya dibangun berdasarkan solusi desain menggunakan teknologi modern yang telah teruji dan bahan-bahan dalam negeri.

Biaya operasi PD-14 diklaim lebih rendah 14–17% daripada mesin serupa yang sudah ada. Sementara biaya siklus hidupnya lebih rendah 15-20%.

Roni Sont

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *