Mengenal kapal induk dan LHD Angkatan Laut Perancis

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Saat ini armada Angkatan Laut Perancis (Marine Nationale) terdiri dari hampir 100 kapal yang dioperasikan oleh Force d’Action Navale (Naval Action Force) dan 10 kapal selam milik Forces Sous-Marines (Submarine Force).

Aset utama AL Perancis termasuk satu kapal induk bertenaga nuklir, tiga kapal serbu amfibi, tiga kapal perusak, tujuh kapal pemburu kapal selam, lima fregat multirole, dan enam fregat pengawasan.

Sementara kekuatan kapal selam terdiri dari enam kapal selam serang bertenaga nuklir dan empat kapal selam pembawa rudal balistik berhulu ledak nuklir.

Kapal lainnya berupa tiga kapal tanker pengisian ulang bbm, 17 kapal penangkal ranjau dan delapan kapal pendukung.

Selain itu AL Perancis juga mengoperasikan 15 kapal patroli, lima kapal survei, empat kapal penelitian, empat kapal tunda laut, dan 14 kapal pelatihan.

Bercerita mengenai kapal induk, AL Perancis memiliki flagship bernama Charles de Gaulle. Ini adalah satu-satunya kapal induk bertenaga nuklir selain yang dioperasikan AL Amerika Serikat.

Charles de Gaulle mulai dibangun pada 1987 dan selesai tahun 2000. Kapal ini  dikembangkan oleh galangan kapal Naval Group. Kapal berkode dek CDG dan bernomor lambung R91 ini resmi berdinas sejak 2001.

Kapal induk dengan bobot mati 42.500 ton ini dapat menampung 30-40 jet tempur Rafale M, dua pesawat AEW&C E-2C Hawkeye, dua heli NFH Caïman Marine, satu AS565 Panther ISR, dan dua AS365F Dauphin Pedro.

Tiga kapal besar lainnya milik AL Perancis adalah jenis kapal serbu amfibi yang dapat dimuati helikopter atau LHD (landing helicopter dock) kelas Mistral. Kapal dengan bobot mati 21.500 ton dibangun oleh galangan kapal Arsenal de Brest, Chantiers de Saint-Nazaire.

LHD pertama bernama Mistral dengan kode dek MI dan bernomor lambung L9013 mulai berdinas tahun 2006.

Lalu LHD kedua Tonnerre menggunakan nomor lambung L9014 dan kode dek TO, mulai berdinas tahun 2006.

Selanjutnya LHD terakhir yang diluncurkan adalah Dixmude, mulai berdinas tahun 2012. Kapal mendapatkan kode dek DX dan mengenakan nomor lambung L9015.

Kapal serbu amfibi kelas Mistral ini di atas deknya mampu mengangkut dan mengerahkan 16 helikopter angkut medium serbaguna NH90 atau heli serang Tiger.

Dengan koleksi empat kapal besar pengangkut jet tempur dan helikopter, AL Perancis termasuk yang terkuat di kawasan Eropa Barat selain AL Inggris dan Italia.

Rangga Baswara Sawiyya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *