Kendaraan taktis serbaguna baru MTV 12kN untuk militer Belanda

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Dalam pameran Keamanan dan Pertahanan NIDV yang berlangsung di Rotterdam pada 28 November 2019, Kementerian Pertahanan Belanda telah menandatangani kontrak untuk akuisisi kendaraan medium taktis serbaguna (Multirole Tactical Vehicle/MTV) yang dikenal sebagai 12kN.

Kontrak tersebut mencakup pengembangan kendaraan hingga penyediaan unit produksi sebanyak 1.257 unit untuk AD, AL, AU dan Gendarmerie Belanda.

Perusahaan Iveco DV dipercaya untuk mengembangkan dan memproduksi MTV 12kN. Prototipe rantis ini harus siap pada musim gugur 2021.

Dijadwalkan serah terima gelombang pertama unit produksi sebanyak 357 kendaraan akan dilaksanakan tahun 2022.

Seperti Airspace Review kutip dari Army Recognition, seperti namanya kendaraan ini akan memiliki muatan sekitar 12 kN atau lebih dari 1.200 kg. MTV 12kN tergolong kendaraan tempur (ranpur) modular yang dapat dikembangkan untuk beragam misi.

Baik Kemhan Belanda maupun Iveco DV sendiri belum merilis informasi mengenai spesifikasi dan kinerja MTV 12 kN.

Bila dilihat dari tampilannya, MTV 12kN berada di antara kelas Iveco LMV (Light Multirole Vehicle) kelas 6,5 ton dan Iveco/KMW MPV (Medium Protected Vehicle) yang berada di kelas 18 ton. Kedua kendaraan tergolong dalam ranpur MRAP atau antiranjau.

Rangga Baswara Sawiyya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *