Flight Data Recorder PK-CLC Sriwijaya Air berhasil diunduh

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Flight Data Recorder (FDR) pesawat Boeing 737-500 PK-CLC milik Sriwijaya Air yang telah ditemukan beberapa hari lalu, telah berhasil diunduh seluruh datanya.

Hal itu dikatakan Ketua Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono pada Jumat, 15 Januari 2020.

“Ada 330 parameter dan semua dalam kondisi baik. Saat ini sedang kita sistem,” kata Soerjanto dalam keterangan tertulis.

Parameter-parameter tersebut diunduh dari memori FDR yang terlindung CSMU (crash survivably memory unit). CSMU tahan terhadap benturan dan gravitasi sebesar 250G serta tahan terhadap panas hingga 1.000 derajat celcius selama satu jam.

Sebelum pengunduhan, dilakukan proses perendaman menggunakan air suling, pencucian, pembersihan, dan pengeringan sesuai prosedur.

FDR PK-CLC terendam air laut selama tiga hari di dasar perairan Kepulauan Seribu.

Seperti diketahui, B737-500 PK-CLC milik Sriwijaya Air hilang kontak dan jatuh di perairan Kepulauan Seribu pada Sabtu, 9 Januari 2021.

Pesawat dengan nomor penerbangan SJ182 rute Jakarta-Pontianak tersebut hilang kontak empat menit usai lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta, yaitu pada pukul 14.40 WIB. Manifes pesawat menunjukkan ada 62 orang di dalam PK-CLC yang naas, terdiri dari 50 penumpang dan 12 awak (dua sete kru). Akan tetapi, beberapa penumpang ternyata batal terbang dengan PK-CLC.

FDR PK-CLC ditemukan oleh tim penyelam dari TNI AL pada pencarian hari keempat, yaitu pada Selasa (12/1) pukul 16.40 WIB.

CVR Sriwijaya Air pecahIstimewa

Sementara untuk Cockpit Voice Recorder (CVR), pada Jumat (15/1) telah ditemukan oleh penyelam TNI AL, namun ternyata kotak hitam tersebut memorinya sudah terpisah dari cangkang CVR yang sudah terbelah menjadi kepingan.

Proses pencarian memori CVR menjadi lebih sulit, namun upaya pencarian masih terus dilakukan.

Roni Sontani

One Reply to “Flight Data Recorder PK-CLC Sriwijaya Air berhasil diunduh”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *