Z-11WB Kuang, heli ringan bersenjata telah siap menambah kekuatan PLA

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Z-11WB Kuang (Elang) merupakan helikopter ringan bersenjata buatan Changhe Aircraft Industries Corporation (CAIC) yang dikembangkan untuk melengkapi kekuatan Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China, kini telah siap berdinas.

Dengan bobot yang hanya 2,25 ton, heli ini diandalkan mampu melakukan manuver yang lincah saat melakukan peran serangan terhadap sasaran darat, pengintaian, dan kontra terorisme.

Minggu lalu, heli ini muncul dalam tayangan program militer Weihutang di Televisi Pusat China (CCTV).

Heli mungil itu tampak telah mengenakan lambang-lambang PLA. Weihutang melaporkan, heli buatan CAIC di bawah konglomerasi Aviation Industry Corporation of China (AVIC) ini akan segera memasuki dinas militernya. Sebagai informasi tambahan, varian Z-11B pertama kali mengudara pada September 2015.

Sebagai heli serang, tentu saja sengatan heli ini menjadi penilaian. Pihak pabrikan menyatakan, Z-11WB mampu membawa rudal antitank, peluncur roket, senapan mesin, dan bahkan drone yang ditempatkan di salah satu bagian samping badannya.

Dibandingkan dengan varian Z-11 terdahulu, Z-11WB memiliki kemampuan membawa persenjataan yang lebih beragam yang sangat cocok untuk pelaksanaan misi operasi khusus.

CAIC juga membuat versi ekspor yaitu Z-11E yang telah lebih dulu mengudara. Dua unit Z-11E pada Oktober 2019 telah mendapatkan pelanggan dari negara di Benua Afrika.

Baca Juga: Z-11WB Kuang, Heli Intai Kawal Bersenjata Terbaru China

Heli ringan Z-11 terbang perdana pada 22 Desember 1994. Heli ini dibuat dalam berbagai varian yaitu Z-11J yang merupakan versi militer, Z-11W versi militer untuk pengawasan, pengintaian, serangan darat, dan evakuasi medik, Z-11WA versi intai, Z-11E versi ekspor, dan Z-11WB versi baru dengan bola elektro-optik, kokpit yang telah didesain ulang, serta ragam senjata yang lebih banyak.

CAIC mengkalim, Z-11 merupakan helikopter pertama hasil desain dalam negeri China. Walaupun, rancangan heli ini mengacu pada heli AS350 Ecureuil buatan Eurocopter. Proyek rancangan Z-11 dilaksanakan pada 1989.

Z-11WBXinfengcao

Melihat rentang pengembangannya, varian Z-11WB muncul kurang lebih 21 tahun dari sejak penerbangan prototipe Z-11 dan penerbangan Z-11WB.

Z-11 diawaki oleh satu pilot dan mampu membawa 6 orang. Heli memiliki panjang 11,24 m, lebar 1,8 m, dan tinggi 3,14 m. Rentang rotor utama 13 m (saat berfungsi) dan bobot lepas landas maksimum 2.250 kg.

Heli dapat terbang dengan kecepatan 258 km/jam. Lama mengudara mencapai 4 jam 15 menit dan terbang hingga ketinggian maksimum 17.290 kaki.

Z-11 dapat menjelajah jarak hingga 661 km.

Roni Sont

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *