Empat pesawat tempur canggih akan bertemu di Perancis

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Empat pesawat tempur canggih akan bertemu di Perancis dalam latihan Atlantic Trident yang akan digelar pada paruh pertama 2021.

Kementerian Angkatan Bersenjata Perancis mengumumkan, Perancis akan menjadi tuan rumah latihan bersama ini dengan menghadirkan Angkatan Udara dan Luar Angkasa Perancis, Amerika Serikat (USAF), dan Inggris (RAF).

Latihan akan dilaksanakan di Pangkalan Angkatan Udara Mont-de-Marsan di barat daya Perancis.

Empat pesawat tempur canggih yang akan bertemu dalam latihan ini adalah Rafale dari Angkatan Udara dan Luar Angkasa Prancis, Eurofighter Typhoon dari Angkatan Udara Inggris, dan F-35B Lightning II serta F-22A Raptor dari Angkatan Udara Amerika Serikat.

Baca Juga: Gantikan Armada E-3D Sentry, Inggris Beli 5 E-7 Wedgetail dari Boeing

Dikatakan, tujuan dari latihan ini adalah untuk mengintegrasikan koalisi pesawat tempur generasi keempat plus dengan jet tempur generasi kelima dalam sebuah kampanya udara dari pangkalan udara yang sama. Ketiga angkatan udara merupakan kekuatan utama NATO.

Tahun ini Atlantic Trident diselenggarakan untuk ketiga kalinya. Dua latihan pertama diselenggarakan tahun 2015 dan 2017.

Dalam dua pelaksanaan sebelumnya, latihan difokuskan pada pertahanan udara dan pertempuran udara satu lawan satu.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *