Simulator Su-34 di Pusat Ilmiah dan Pelatihan Militer Rusia

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Sebuah simulator pesawat diciptakan menyerupai aslinya untuk pelatihan para awak pesawat di ruang kokpit. Demikian juga dengan simulator Su-34 yang baru dikirimkan oleh JSC Technodinamika, Rusia ke Pusat Ilmiah dan Pelatihan Militer Angkatan Kedirgantaraan Rusia di Chelyabinsk.

Simulator prosedural untuk awak pembom tempur Su-34 (NATO: Fullback) itu akan digunakan untuk meningkatkan kemahiran para penerbang si “Hidung Bebek” dalam berbagai skema pertempuran dan kondisi.

Perusahaan mengatakan, simulator yang dikirimkan ini memiliki interior nyata dari kokpit Su-34 dengan lingkungan dan kontrol instrumennya. Dengan penggunaan simulator, untuk pertama kali para awak baru Su-34 akan mengenali lingkungan kokpit dan mengembangkan keterampilan mengawaki pesawat ini.

Proses pelatihan kru baru dimulai dengan mempelajari berbagai mode pengoperasian pesawat terkait pembangkit listrik, avionik, sistem pesawat, dan selanjutnya meningkat ke level yang lebih tinggi hingga ke level pertempuran.

Fitur penting lainnya dari simulator ini, adalah bagaimana mempraktikkan tindakan khusus dalam situasi khusus serta prosedur berinteraksi dengan sesama kru saat melakukan misi tempur.

Selain itu, simulator ini juga dapat digunakan untuk melaksanakan pelatihan pengisian bahan bakar di udara (AAR) sebelum pelaksanaan di pesawat aslinya. AAR dilaksanakan dalam berbagai kondisi cuaca, mulai dari kondisi normal hingga ekstrem.

Sistem visualisasi simulator dirancang dengan sistem kolimasi optik empat saluran yang memberikan gambaran kontinu dari luar ruang kokpit untuk setiap awak pesawat. Pilot dibimbing menggunakan perangkat lunak khusus dengan kemampuan metodologis yang luas.

Baca Juga: Sukhoi selesaikan produksi 100 Su-34 pesanan Kementerian Pertahanan Rusia

Direktur Jenderal Technodinamika, Igor Nasenkov mengatakan, simulator pesawat merupakan elemen penting untuk pelatihan pilot melalui metodologi yang aman. Simulator prosedural Su-34 sendiri, lanjutnya, bukan pertama kali dibuat. Melainkan sudah sejak 2010 oleh TSNTU Dinamika.

“Teknologi inovatif saat ini telah memungkinkan Technodinamika memproduksi serial simulator yang dapat dipasok secara terpisah sebagai bagian dari sarana pelatihan untuk penerbang maupun teknisi pesawat tempur Su-34,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *