AD dan AU Australia latihan kolaboratif pengangkutan udara

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Darat dan Angkatan Udara Australia (RAAF) melaksanakan latihan kolaboratif untuk menguji kecepatan pengangkutan via udara.

Latihan dilaksanakan dengan menguji pengangkutan truk Rheinmetall MAN M40 menggunakan pesawat angkut C-17A Globemaster III dari Skadron No. 36 yang berpangkalan di RAAF Amberley.

Angkatan Darat juga mengerahkan sejumlah peralatan dari Resimen Dukungan Keteknikan ke-6 (6ESR).

Baca Juga: Heli Apache TNI AD Diangkut Pakai C-17 Globemaster III

“Latihan ini diperlukan bagi semua orang untuk mempersiapkan peralatan teknik kami yang sering digunakan untuk mendukung komunitas sipil dalam penanggulangan bencana,” kata Kapten Chicoutimi Done, dari 6ESR.

Tujuan dari latihan ini, lanjutnya, untuk mepersingkat waktu tunggu yang diperlukan dalam penyiapan angkutan udara agar bantuan dapat diterbangkan dalam waktu singkat. Untuk itulah, proses-proses kegiatan ini disederhanakan agar lebih efektif.

“Peralatan kami hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran. Pelatihan ini memungkinkan kami memastikan bahwa peralatan kami memenuhi persyaratan agar dapat diangkut dengan aman,” jelasnya.

Sebelumnya, beberapa peralatan penopang telah dibuat oleh 6ESR untuk mendukung pengangkutan kendaraan di pesawat untuk mencegah pergerakan selama terjadi turbulensi dalam penerbangan.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *