Ansat-M terbang perdana: avionik baru, lebih ringan, jangkauan lebih jauh

Ansat-MRussian Helocpters

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Perusahaan induk Russian Helicopters, bagian dari Russian Rostec State Corporation, melakukan penerbangan pertama helikopter ringan multiguna yang telah dimodernisasi, Ansat-Mi pada 30 Desember 2020.

Program modernisasi ini, kata Menteri Perindustrian dan Perdagangan Federasi Rusia Denis Manturov, merupakan bagian dari kontrak tahun 2019-2020 senilai 230 juta rubel yang telah ditandatangani.

Ansat-M memiliki sejumlah keunggulan dari versi sebelumnya dan rencananya akan segera dikirimkan ke maskapai regional.

“Modifikasi baru ini memiliki sejumlah keunggulan dan direncanakan untuk pengiriman ke maskapai regional. Saya yakin helikopter baru ini akan berkontribusi pada solusi tugas untuk meningkatkan aksesibilitas transportasi di daerah terpencil di negara kita,” ujarnya seperti dikutip dalam rilis perusahaan.

Helikopter Ansat-M dilengkapi dengan sistem bahan bakar yang ditingkatkan yang memungkinkan heli menjangkau jarak penerbangan lebih jauh.

Heli dapat dipasang tangki tambahan sehingga jangkauan meningkat dari 505 km menjadi 800 km.

Selain itu, bagian ekor juga menjalani modernisasi yang dapat meningkatkan stabilitas lintasan.

Ansat-M mampu terbang dalam kondisi jarak pandang nol

Ansat-M juga menerima avionik terbaru yang memungkinkannya terbang dalam kondisi jarak pandang nol.

Modernisasi lainnya menyangkut proporsi material komposit dalam struktur yang ditingkatkan dari 15% menjadi 35%. Alhasil, bobot heli pun berkurang dan meningkatkan karakteristik penerbangannya.

“Tes sertifikasi Ansat-M dan pengiriman pertama dijadwalkan pada 2021, ”kata Anatoly Serdyukov, Direktur Industri Kluster Penerbangan Rostec.

Baca Juga: Proses Sertifikasi, Heli Ansat Buatan Rusia Sukses Laksanakan Uji Ditching

CEO Russian Helicopters Andrei Boginsky menyatakan, Polar Air akan menjadi pelanggan pertama Ansat-M. Maskapai ini memesan tujuh helikopter Ansat-M dengan modul medis.

Hingga saat ini lebih dari 90 helikopter Ansat telah dikirimkan oleh Russian Helicopters kepada para pelanggan.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *