Kemenhub dukung penuh N219 jadi moda penghubung antarpulau

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kementerian Perhubungan Republik Indonesia mendukung penuh pengembangan pesawat N219 hasil kerja sama Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dengan PT Dirgantara Indonesia (PTDI).

Kemenhub akan menjadikan N219 sebagai alat operasional bagi para pemangku kepentingan di Kementerian Perhubungan dalam menghubungkan pulau-pulau yang ada di Indonesia.

Hal itu dikatakan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta pada 28 Desember 2020.

“Kementerian Perhubungan bukan saja mendukung pengembangan pesawat N219, namun juga berencana membeli pesawat N219 untuk kegiatan di Kementerian Perhubungan,” ujarnya.

Ditambahkan, Kementerian Perhubungan akan mendukung para stakeholder perhubungan yang menghubungkan pulau-pulau di Indonesia untuk menggunakan pesawat N219.

Ia menandaskan, pesawat dengan dua mesin turboprop dan berkapasitas 19 penumpang ini dapat menjangkau daerah-daerah tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan.

Budi juga mengajak seluruh pihak untuk memberikan apresiasi terhadap pesawat karya anak bangsa Indonesia.

“Mari kita apresiasi apa yang dilakukan oleh LAPAN dan PTDI karena satu kebanggaan harus diciptakan walaupun dalam masa pandemi COVID-19,” ujarnya.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *