F-16 Skadron Udara 3 bergerak ke Lanud Dhomber Balikpapan

F-16 di Lanud Dhomber BalikpapanTNI AU

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Satu flight pesawat tempur F-16 Fighting Falcon dari Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur terbang ke Pangkalan TNI AU (Lanud) Dhomber di Balikpapan, Kalimantan Timur pada 1 Maret 2021.

Kehadiran pesawat-pesawat tempur TNI AU ke tanah Borneo kali ini dalam rangka melatih kesiapan tempur melalui serangkaian latihan dan pelaksanaan operasi.

Kawanan F-16 tersebut melaksanakan Operasi “Garda Paus–21” di wilayah udara Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan di wilayah Ambalat.

Dalam operasi tersebut pesawat-pesawat F-16 melaksanakan pengamanan wilayah udara perbatasan khususnya di wilayah Ambalat.

Dari foto yang terlihat, tampak salah satu pesawat F-16 yang telah menjalani program Falcon Star dan eMLU (Enhanced Mid Life Update) yaitu TS-1610.

Berbeda dengan livery (corak warna pesawat/kamuflase) terdahulu yang menggunakan paduan warna hijau toska, TS-1610 telah menggunakan warna paduan abu-abu seperti halnya pesawat-pesawat militer milik Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF).

Warna abu-abu merupakan salah satu warna kamuflase yang banyak digunakan karena warna ini saat berada di langit terbilang dapat mengurangi tingkat visibilitas mata.

F-16 TS-1610 tidak lain adalah F-16A Fighting Falcon Block 15 OCU dari kelompok pengadaan F-16A/B proyek Peace Bima Sena I bersama 11 pesawat lainnya.

F-16 Skadron Udara 3 di Lanud DhomberTNI AU

F-16A TS-160 berwarna abu-abu terlihat membawa rudal AIM-120 AMRAAM dan AIM-9 Sidewinder.

Indonesia menerima jet F-16 buatan General Dynamics (Lockheed Martin) pertama kali pada Desember 1989.

TS-1610 merupakan pesawat pertama dari 10 unit yang menjalani program Falcon Star dan eMLU di Skadron Teknik (Skatek) 042 Lanud Iswahjudi. Pengerjaan program ini dilaksanakan sendiri oleh para teknisi Skatek 042 dibantu oleh 10 teknisi dari PT Dirgantara Indonesia.

Falcon Star merupakan program penguatan struktur pesawat F-16 agar pesawat dapat diterbangkan dengan aman dan mencapai masa pakai maksimal. Sebelumnya, pesawat ini telah digunakan melebihi rata-rata 6.000 jam terbang.

F-16 Skadron Udara 3 di BalikpapanTNI AU

F-16 Skadron Udara 3 melaksanakan latihan dan operasi di Lanud Dhomber Balikpapan.

Sementara eMLU  adalah program modifikasi sistem avionik dan sistem persenjataan sehingga pesawat F-16A/B dapat membawa persenjataan yang lebih canggih termasuk rudal udara ke udara AIM-9X dan AIM-120C AMRAAM, Laser JDAM, Targeting Pod, dan lainnya.

Roni Sont

2 Replies to “F-16 Skadron Udara 3 bergerak ke Lanud Dhomber Balikpapan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *