Prototipe pertama mesin untuk pembom PAK DA siap masuk perakitan

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Prototipe pertama mesin untuk pembom strategis jarak jauh Rusia, PAK DA, siap masuk ke jalur perakitan.

Hal itu diatakan oleh Alexey Sobolev, Wakil Direktur Jenderal dan Direktur Pelaksana Kuznetsov, bagian dari United Engine Corporation (UEC) kepada media pada 23 Desember 2020.

Direncanakan, proses perakitan mesin akan segera dimulai sehingga pengujian dapat dilakukan mulai 2021.

Sementara itu, di tempat lain, pabrik United Aircraft Corportaion (UAC) telah memulai pembangunan bomber siluman PAK DA. Pekerjaan ini dilaksanakan melalui program “Advanced Long-Range Aviation Complex”.

PAK DA, tancangan Biro Desain Tupolev, disiapkan untuk menggantikan armada Tu-160, Tu-95, dan Tu-22M3 yang saat ini dalam pelayanan Angkatan Kedirgantaraan Rusia.

Pembom strategis PAK DA dirancang dengan bentuk aerodinamis “sayap terbang”. Pesawat ini bisa membawa bom hingga rudal rudal hipersonik.

Berbeda dengan pembom sebelumnya, PAK DA terbang dalam kecepatan subsonik. Secara teknis, pembom ini mampu menjelajah jarak 12.000 km atau terbang selama 30 jam.

Baca Juga: Prototipe pertama pembom strategis PAK DA mulai dibuat oleh Rusia

Daya muat persenjataannya mencapai 30 ton. PAK DA diawaki oleh empat personel.

Perakitan prototipe PAK DA dijadwalkan selesai pada akhir 2021. Selanjutnya PAK DA akan memulai uji penerbangan pada 2023 dan dijadwalkan masuk dinas militer Rusia pada 2027.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *