Aviastar-SP akan pasok 10 pesawat tanker Il-78M-90A ke Kemhan Rusia

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Industri pesawat Rusia yang berbasis di Ulyanovsk, Aviastar-SP (bagian dari United Aircraft Corporation), akan memasok 10 pesawat tanker Il-78M-90A kepada Kementerian Pertahanan Rusia.

Kontrak telah ditandatangani dalam kunjungan kerja Wakil Menteri Pertahanan Rusia Alexei Krivoruchko ke perusahaan tersebut.

Dari pihak UAC, dokumen kontrak ditandatangani oleh Wakil Direktur Jenderal Pertama UAC yang juga Direktur Pelaksana PJSC “Ilyushin” Sergei Yarkovoy.

Perusahaan negara Rusia, Rostec, dalam siaran beritanya menyebutkan, Il-78-90A dibuat dari basis pesawat angkut militer Il-76MD-90A.

Menggunakan mesin generasi terbaru PS-90A-76

Pesawat hasil modifikasi dilengkapi empat mesin generasi terbaru PS-90A-76 yang diproduksi oleh UEC-Perm Motors.

Pesawat baru juga akan menggunakan kokpit kaca serta sistem pengisian bahan bakar terbaru yang akan mengurangi beban kerja awak dan meningkatkan keselamatan penerbangan.

IL-78M-90A dapat melaksanakan pengisian bahan bakar di udara secara simultan terhadap dua pesawat garis depan.

Pengisian bahan bakar di udara dapat dilakukan dari sistem yang dipasang di bagian ekor terhadap pesawat terbang jarak jauh dan pesawat khusus.

Sementara apabila di darat, pesawat ini dapat melaksanakan pengisian bahan bakar di udara terhadap empat pesawat sekaligus.

Baca Juga: Kemhan Rusia Akan Borong 100 Pesawat Angkut Militer Il-76MD-90A

Pesawat ini pun berfungsi multiperan karena jika perlu dapat dikonversi dan digunakan sebagai pesawat angkut kargo.

Prototipe pertama Il-78M-90A terbang perdana di Lapangan Udara Ulyanovsk, Aviastar-SP pada 19 Januari 2018. Pesawat diterbangkan oleh pilot uji Ilyushin Nikolai Kuimov yang juga peraih penghargaan ‘Hero of Russia’.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *