Peluncuran salvo empat rudal balistik Bulava dari kapal selam Vladimir Monomakh

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – K-551 Vladimir Monomakh, nama ini disematkan sebagai nama kapal selam nuklir rudal balistik nuklir (SSBN) kelas Borei alias Project 955. Sementara RSM-56 Bulava (NATO: SS-NX-30) adalah rudal balistik baru yang dibuat untuk dapat diluncurkan dari kapal selam (SLBM)

Rudal Bulava merupakan salah satu proyek nasional Rusia. Rudal yang dirancang oleh Institut Teknologi Termal Moskow ini merupakan salah satu rudal mahal yang pernah dibuat Rusia.

Rudal ini pula yang belum lama ini diluncurkan oleh Vladimir Monomakh — nama kapal selam ini berasal dari nama Adipati Agung Kievan Rus, Vladimir II Monomakh (1053–1125).

Sebanyak empat unit rudal Bulava diluncurkan secara salvo dari K-551.

Kementerian Pertahanan Rusia menerangkan, peluncuran salvo rudal Bulava dari kapal selam Vladimir Monomakh merupakan bagian dari kegiatan latihan tempur Armada Pasifik.

Rudal Bulava ditembakkan oleh kapal selam itu saat berada dalam posisi menyelam di Laut Okhotsk. Sementara sasaran tembaknya berada di tempat pelatihan Chizha di wilayah Arkhangelsk.

Empat rudal meluncur dalam mode normal. Dilaporkan, hulu ledak rudal tersebut mengenai target dengan sempurna. Data kontrol objektif dari peluncuran itu berhasil dikonfirmasi.

Kapal selam nuklir generasi keempat Rusia

K-551 Vladimir Monomakh merupakan kapal selam nuklir generasi keempat Rusia yang mulai berdinas di Angkatan Laut Rusia pada 2015. Satu kapal selam nuklir ini dapat membawa 16 rudal balistik RSM-56 Bulava.

Pengujian pertama dua rudal Bulava dari kapal selam ini dilaksanakan pada 2015 dari Laut Putih.

Vladimir Monomakh_sevmashSevmash

Rudal Bulava memiliki jangkauan operasional 8.000-8.300 km. Beberapa laporan menunjukkan, rudal dengan panjang 12 m dan diameter 2 m tersebut, dapat mencapai lebih dari 10.000 km.

Setiap rudal dapat membawa enam hulu ledak jenis MIRV (multiple independently targetable reentry vehicle). Akurasi hulu ledak mencapai 350 m circular error probable (CEP).

Pertama kali mengisi dinas AL Rusia pada 2011

Rudal Bulava secara resmi disetujui penggunaannya pada 27 Desember 2011. Rudal ini pertama kali digunakan pada kapal selam nuklir kelas Borei unit pertama pada 10 Januari 2013, yaitu K-535 Yuriy Dolgorukiy.

Direncanakan, kapal selam kelas Borei akan digunakan sebagai salah satu triad nuklir Rusia hingga 2040.

Baca Juga: Mengenal Kapal Selam Nuklir Borei-class, Monster Bawah Laut AL Rusia

Rusia akan membangun 10 kapal selam nuklir Borei-class. Empat unit sudah beroperasi, yaitu K-535 Yury Dolgorukiy, K-550 Alexander Nevsky, K-551 Vladimir Monomakh, dan K-549 Knyaz Vladimir.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *