Pelatihan Communication Tactical Data Link System (CTDLS) di Koopsau I

Hawk 200Hawk 200 -Roni Sontani/AR

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pusat Komando dan Pengendalian (Puskodal) Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Koopsau) I menyelenggarakan pelatihan Communication Tactical Data Link System (CTDLS) bekerja sama dengan PT LEN Industri (Persero).

CTDLS merupakan sistem yang memungkinkan pertukaran data dari unit udara dan darat melalui jaringan data link.

CTDLS terdiri dari tiga bagian sistem, yaitu Airbone Unit, Base Station Unit, dan Command Control (C2) Unit.

PT LEN dalam pelatihan ini menyampaikan materi mengenai operasional (C2 System, SAVS, Network Monitoring System, Basestation Monitoring System, Video Client, Voice Communication System) dan pemeliharaan CTDLS.

Penkoopsau I

Pelatihan dilaksanakan selama lima hari dimulai pada 7 Desember yang dibuka oleh Kapuskodal Koopsau I Letkol Pnb Erwin Harfansa, M. Tr. (Han) mewakili Pangkoopsau I.

Pelatihan diikuti oleh 10 orang peserta terdiri dari 5 orang dari Satkomlek Koopsau i dan 5 orang anggota dari satuan Puskodal Koopsau I.

“Pelatihan ini bertujuan untuk transfer pengetahuan serta penyiapan SDM, baik personel operator maupun personel teknisi dalam mengawaki perangkat CTDLS guna penyajian data operasi dalam proses komando pengendalian,” ujar Erwin saat penutupan pelatihan pada Jumat, 11 Desember 2020.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *