Trio Kapal Ranjau Koarmada II Unjuk Kemampuan

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Satuan Kapal Ranjau (Satran) Komando Armada (Koarmada) II melakukan unjuk kemampuan dalam Manuver Lapangan Latihan Glagaspur TK III/L-3 di perairan Situbondo, Jawa Timur pada 26 November 2020.

Manlap Glagaspur TK III/L-3 merupakan puncak dari kegiatan yang telah dilaksanakan Koarmada sebelumnya, yaitu tahap pembekalan klasikal, equipment drill, hingga Tactical Floor Game (TFG).

Dalam manuver lapangan ini dilaksanakan beberapa latihan. Di antaranya adalah Mine Field Transit (MFT), Penyebaran Ranjau, Pemburuan dan Penyapuan Ranjau, Penggelaran Peralatan Portable, serta Netralisasi Ranjau menggunakan MDC PAP dan metode Conning Run.

Satuan Kapal Ranjau

Trio Kapal Ranjau Koarmada II

Satran Koarmada II melibatkan tiga unsur kapal perangnya. Trio kapal ranjau tersebut adalah KRI Pulau Rengat-711, KRI Pulau Rupat-712 dan KRI Pulau Rimau-724.

Dalam latihan ini dilibatkan juga unsur pendukung dari Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska), Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair), Dinas Kesehatan (Diskes), dan Arsenal.

Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) Letkol Laut (P) Ferry Kurniawan seperti diberitakan Penerangan Koarmada II mengatakan, Manlap Latihan Glagaspur TK III/L-3 bernilai penting bagi Satran. Sebab, Peperangan Ranjau yang menjadi  tanggung jawab utama satuan ini merupakan salah satu doktrin peperangan yang sangat penting dalam menunjang kekuatan tempur TNI AL.

KRI Pulau Rengat-711Pen Koarmada II

Selain itu, lanjutnya, latihan ini juga memberikan pengetahuan baru kepada prajurit untuk menjajal kemampuan dalam hal setting ranjau dan penggelaran peralatan portable bawah air guna menunjang kegiatan survei operasi dan operasional ROV (Remotely Operated Vehicle).

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *