PT PAL serahkan kapal selam KRI Cakra-401 hasil perbaikan menyeluruh

KRI Cakra-401_tni al_airspace reviewDok. PT PAL

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – PT PAL Indonesia menyerahkan kapal selam KRI Cakra-401 kepada Kementerian Pertahanan Republik Indonesia setelah kapal tersebut menjalani proses perbaikan menyeluruh (overhaul) di PT PAL.

Penyerahan kapal dilaksanakan oleh CEO PT PAL Kaharuddin Djenod kepada Dirjen Kuathan Kemhan RI Laksda TNI Bambang Irwanto di PT PAL, Surabaya pada Senin, 21 Februari 2022.

Sebelumnya, pada 22 November 2021, KRI Cakra telah dinyatakan sukses melewati tahap Commodore Inspection.

CEO PT PAL mengatakan, perbaikan kapal selam KRI Cakra memiliki nilai yang sangat strategis bagi PT PAL.

Sebab, PT PAL berhasil menyelesaikan perbaikan secara mandiri dengan asistensi perbaikan oleh Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Co., Ltd (DSME) dari Korea Selatan secara virtual.

“Hal ini menjadi berkah bagi PT PAL, karena diberi kesempatan untuk memiliki pengalamanan setara 35% seperti membangun kapal selam baru. Dengan keberhasilan perbaikan ini PAL setidaknya sudah menguasai 65% proses pembangunan kapal baru, baik dari desain maupun penguasaan teknologinya” ujar Kaharuddin seperti disiarkan PT PAL.

Sementara itu Dirjen Kuathan Kemhan RI mengatakan, overhaul yang dilakukan di PT PAL ini tidak hanya bernilai dari aspek ekonomi, tetapi juga pada aspek pertahanan.

Sesuai dengan UU no23 tahun 2019, ujarnya, dinyatakan bahwa ada tiga komponen pemberdayaan wilayah pertahanan negara yakni komponen utama (TNI), komponen cadangan, komponen pendukung (para mitra).

“TNI bertugas membina mitra untuk mampu meningkatkan kesiapsiagaan alutsista. Kesempatan ini menjadi hal yang strategis, terkait kemitraan antara Kementerian Pertahanan dengan PT PAL sebagai mitra dalam menyiapkan alutsista pertahanan. Dalam mewujudkan industri dalam negeri yang unggul, maka kita harus bersinergi dan bermitra dalam memenuhi kemajuan alutsista Indonesia” kata Bambang.

Setelah diserahkan kepada Kemhan RI, secara berturut kapal ini diserahkan oleh Kemhan ke Mabes TNI AL yang diwakili oleh Aslog KSAL Laksda TNI Puguh Santoso, kemudian dari Mabes TNI AL ke Komarmada II, Surabaya.

Di Koarmada II, KRI Cakra akan kembali bergabung ke Satuan Kapal Selam (Satkasel) Koarmada II.

Kapal selam diesel-electric tipe U209/1300 KRI Cakra-401 telah menjalani uji coba kapal (HAT & SAT) serta Commodore Inspection untuk memastikan kelaikan hasil dari overhaul sesuai kontrak.

Dalam proses overhaul KRI Cakra, terdapat banyak perbaikan seperti badan baru, perbaikan menyeluruh terhadap komponen-komponen seperti tekan/pressure hull, sistem mekanik & elektrik, sensor & navigasi, serta sistem senjata secara detail.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mencapai performa maksimal.

-RNS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *