Su-30SM untuk AU Belarusia Segera Dikirimkan Tahun Ini

AIRSPACE REVIEW (angkasareview.com) – Rusia segera mengirimkan jet tempur multiperan Su-30SM kepada Belarusia tahun ini. Pengiriman sesuai dengan kontrak dan pelunasan sisa pembayaran oleh Belarusia.

Badan Kerja Sama Teknik dan Militer Federasi Rusia seperti dikutip TASS dalam penyelenggaraan 9th Milex-2019 mengatakan, kontrak pengiriman Su-30SM kepada Belarusia saat ini sudah memasuki tahap implementasi.

Sementara itu Belarusian Telegraph (Be1TA) memberitakan, mengacu pada kontrak yang telah ditandatangani, empat unit Su-30SM akan dikirimkan oleh Rusia kepada Belarusia sebagai pengiriman kelompok pertama.

Untuk diketahui, Belarusia pada 2017 menandatangani pembelian 12 Su-30SM untuk menggantikan peran MiG-29 yang telah dioperasikan oleh angkatan udara negeri itu selama 30 tahun.

Pengiriman pesawat pertama awalnya akan dilaksanakan akhir tahun lalu, namun adanya perubahan terkait kelengkapan pesawat, pengiriman ditunda menjadi tahun ini.

Su-30SM yang dibuat pabrik Irkut atas pesanan Belarusia dilengkapi dengan radar phased-array, canard, TVC nozzles, dan HUD sudut lebar. Pesawat dibuat dari basis keluarga Su-30MK.

Dengan kemampuan jelajah hingga 3.000 km, jet tempur generasi 4 plus ini dapat dioperasikan ke seluruh penjuru negeri yang beribu kota di Minsk itu.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *