Griffon EPC, kendaraan Pos Komando untuk Angkatan Darat Perancis

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kendaraan lapis baja varian Pos Komando untuk Angkatan Bersenjata Perancis, Griffon EPC, telah mendapatkan kualifikasi dari Badan Pengadaan Pertahanan (DGA) Perancis pada 13 November 2020 lalu.

Tiga unit pertama kendaraan ini kemudian dikirimkan ke Bagian Teknis Angkatan Darat (STAT) Perancis untuk mendapatkan penilaian operasional akhir.

Bila lolos, sebanyak 333 unit varian Griffon EPC akan dipesan dengan jadwal pengiriman hingga tahun 2025.

Griffon EPC dibuat oleh EBMR, gabungan Nexter, Arquus, dan Thales

Griffon EPC dibuat oleh konsorsium VBMR yang terdiri dari perusahaan Nexter, Arquus, dan Thales untuk program EBMR (Engins Blindés Multi-Rôles) Scorpion.

Kendaraan ini dapat menampung pengemudi dan penembak di kabin depan serta lima prajurit di kabin belakang.

Dari penampakan eksternal, varian EPC tidak berbeda dengan varian kendaraan pengangkut pasukan VTT Félin yang sudah dimiliki.

Perbedaan hanya tampak pada atap turet T2 generasi terbaru untuk integrasi senjata kaliber 7,62 mm dengan sistem operasional jarak jauh.

Sementara di bagian internal, sesuai fungsinya, Griffon EPC dilengkapi dengan sarana komunikasi dan peralatan-peralatan elektronik pendukung dari generasi terbaru, seperti sistem informasi tempur, sistem optronik 360 derajat, dan sistem detektor lokasi tembakan.

Kendaraan juga dilengkapi sistem pengatur suhu bagi kenyamanan dan penumpang.

Griffon menggantikan peran VAB yang telah digunakan sejak 1976

Keluarga VBMR Griffon menggunakan sasis truk komersial segala medan berpenggerak 6X6. Kendaraan ini akan menggantikan armada pengangkut personel lapis baja VAB (Véhicule de l’Avant Blindé) berpenggerak 4X4 yang telah beroperasi sejak 1976.

Saat ini, enam versi Griffon sedang dirancang yaitu varian Pengangkut Personel Lapis Baja, Pos Komando, Ambulans, Observasi Artileri, Kendaraan Teknik, dan Pemulihan.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *