S-500 generasi baru akan dibuat tahun 2021

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Sistem pertahanan udara S-500 generasi baru akan dibuat pada 2021. Elemen-elemen peralatan sistem ini telah disederhanakan dan sudah menjalani uji negara.

Wakil Panglima Angkatan Kedirgantaraan Rusia Letnan Jenderal Andrey Yudin mengatakan hal itu dalam wawancara dengan surat kabar Krasnaya Zvezda seperti diberitakan Interfax pada 27 November 2020.

Desember tahun lalu, Wakil Menteri Pertahanan Federasi Rusia Alexei Krivoruchko mengumumkan, uji pendahuluan S-500 akan dimulai pada 2020 dan militer Rusia akan menerima produksi pertama model ini pada 2025.

Memastikan hal itu, pada Forum ARMY-2020 bulan Agustus lalu, Wakil Perdana Menteri Yuri Borisov mengatakan bahwa uji coba negara sistem S-500 sedang dilakukan di Rusia.

Penghancur segala sasaran strategis di udara

S-500 Prometey atau dikenal juga sebagai 55R6M Triumfator-M, merupakan sistem pertahanan udara berbasis rudal permukaan ke udara untuk menghancurkan segala sasaran strategis di udara seperti pesawat, rudal balistik antarbenua, dan rudal jelajah hipersonik.

Sistem ini akan melengkapi S-400 Triumf yang saat ini telah diekspor ke China dan Turki serta India dalam proses.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *