Jet-jet tempur andalan Israel uji sistem pertahanan udara Siprus

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Sejumlah jet tempur andalan Israel yaitu F-35, F-15, dan F-16 telah terbang di atas Siprus untuk menguji sistem pertahanan udara negara itu.

Pengujian ini adalah untuk pertama kalinya dilakukan menggunakan F-35 di atas Siprus dalam sebuah latihan bersama kedua negara di atas Limassol dan Paphos.

Surat kabar Siprus Kathimerini melaporkan, dalam latihan bertajuk “Onisilos-Gideon 2020” tersebut para pilot jet tempur melakukan pengujian langsung sistem pertahanan udara Siprus yang mereka tembus.

Jet-jet Israel terbang di Nicosia FIR sebagai implementasi dari hubungan baik Israel-Siprus dalam beberapa tahun terakhir di bidang pertahanan dan keamanan.

F-35 IsraelIAF

Meski demikian, jet-jet tempur Israel itu tidak mendarat. Mereka hanya melakukan simulasi serangan terhadap target-targetnya dari ketinggian menengah maupun tinggi.

Republik Siprus merupakan sebuah negara pulau di Laut Tengah.

Negara yang beribu kota di Nikosia ini terletak 113 km di sebelah selatan Turki dan 120 km di sebelah barat Suriah.

Angkatan Udara Siprus belum memiliki armada jet tempur, namun negeri ini mengoperasikan sistem pertahanan udara berupa 9K331 Tor M1 dari Rusia, Aspide dari Italia, dan 9K37M1-2 Buk-M1-2 dari Rusia.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *