Uji kemampuan “Beaching” KRI Teluk Cirebon-543 di Pantai Pulau Bokor

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – KRI Teluk Cirebon-543 melaksanakan Latihan “Beaching” dan “Retrack” guna meningkatkan kemampuan dan keterampilan prajurit serta menguji kemampuan sistem peralatan dan persenjataan Satuan Amfibi (Satfib) Komando Armada (Koarmada) I di Pantai Pulau Bokor, Perairan Laut Jawa pada 22 Desember 2020.

Setelah mengetahui informasi daerah Beaching (pendaratan pantai), KRI Teluk Cirebon yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Valentino Pasalbessy bergerak dari dermaga Sunda, Pondok Dayung, Jakarta Utara untuk melaksanakan manuver menuju Pantai Pulau Bokor.

Tujuannya adalah untuk melaksanakan latihan Beaching dan Retrack serta menguji fungsi kelengkapan peralatan yang ada.

Panglima Komando Armada I Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid K., S.E., M.M. seperti disiarkan bagian Penerangan Koarmada I mengatakan, latihan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan Prajurit Satfib Koarmada I seperti yang tertuang dalam program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono bidang latihan dan peningkatan sumber daya manusia.

KRI Teluk Cirebon-543_Koarmada I

Dalam hal ini, para personel KRI Teluk Cirebon melaksanakan prosedur Beaching dan Retrack untuk mendukung pelaksanaan operasi amfibi, muat taktis, dan/atau muat administrasi baik dalam kondisi damai maupun perang

Ia menambahkan, latihan ini juga dijukan untuk menguji kemampuan alutsista, platform dan sewaco serta pendukung kegiatan latihan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan penanganan COVID-19.

Selesai melaksanakan latihan yang melibatkan 71 personel ABK KRI Teluk Cirebon dan 39 personel pendukung lainnya, kapal kembali menuju ke Dermaga Sunda, Pondok Dayung untuk melaksanakan evaluasi latihan.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *