Total mengabdi 39 tahun, Wakil Kepala Staf terlama USAF ini pensiun

AIRSPACE REVIEW – Total mengabdi di USAF selama 39 tahun, Wakil Kepala Staf USAF terlama yaitu Jenderal Stephen W “Seve” Wilson telah pensiun pada 13 November 2020. Pengabdiannya sebagai Wakil Kepala Staf USAF, diemban selama 4 tahun dan 4 bulan.

Wilson selanjutnya digantikan oleh Jenderal David W. Allvin pada upacara yang digelar sehari sebelum masa pensiunnya.

Rekor Wilson terlama menjabat sebagai Wakil Kepala Staf USAF, tulis Majalah USAF, telah melampaui rekor yang sebelumnya diemban oleh Jenderal Curtis E. LeMay yaitu pada periode 1957-1961.

Menjadi pilot pembom B-1 dan B2

Jenderal Wilson menapaki karier di USAF sebagai penerbang pesawat pembom B-1 Lancer dan B-2 Spirit.

Di kedua pesawat tersebut, total ia mengumpulkan lebih dari 4.600 jam terbang, termasuk 680 jam terbang di medan pertempuran yang ia lakoni.

B-2 SpiritPA

Sebelum menjabat sebagai Wakil Kepala Staf USAF, dia sebelumnya menjabat sebagai Komandan Komando Serangan Global Angkatan Udara dan Wakil komandan Komando Strategis AS.

Selama menjabat sebagai Wakil Kepala Staf USAF, ia menjadi wakil Kepala Staf USAF Jenderal David L. Goldfein yang kini sudah pensiun.

Menjabat sebagai Wakil Kepala Staf USAF ke-39

Tercatat dalam sejarah, Jenderal Stephen W. Wilson menjabat sebagai Wakil Kepala Staf USAF ke-39.

Wilson memimpin inisiatif seperti Spark Tank dan Tantangan Wakil Kepala. Ia memimpin kemitraan dengan Institut Teknologi Massachusetts untuk membuat “akselerator kecerdasan buatan.”

Baca Juga: Jet Hitam di Atas Bagdad

Sepanjang waktunya di Global Strike, STRATCOM, dan di Staf Udara, Wilson juga telah menjadi pemimpin kunci yang mendorong pengembangan pembom B-21 Raider, penerus pembom B-2.

Untuk menghormatinya, USAF mengabadikan namanya sebagai nama gedung Wilson Hall

Saat dilangsungkan upacara pelepasan Wilson dari kedinasannya, USAF mengumumkan akan mengganti nama Gedung 905 di Pangkalan Bersama San Antonio-Randolph, Texas menjadi “Wilson Hall” untuk menghormati jasa-jasa Jenderal Wilson.

Baca Juga: Kilas Balik, Jenderal Keys: Saya Ingin 381 F-22 Raptor

Dan, sebagai penghormatan atas pengabdiannya sebagai penerbang pesawat pembom USAF, dua pesawat terdiri dari B-1 dan B-52 Stratofortress terbang di atas Pangkalan Bersama Anacostia-Bolling di Washington, D.C untuk memberikan salam perpisahan.

Selamat purna karya Jenderal Wilson!

Roni Sontani