Komando Pusat AS gelar Latihan Elang Gurun dengan Arab Saudi

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Komando Pusat Amerika Serikat (CENTCOM) menggelar Latihan Elang Gurun (Exercise Desert Eagle) dengan Arab Saudi di Pangkalan Udara Pangeran Sultan pada 10 September 2020.

Jet-jet tempur F-15C Eagle dan F-15E Strike Eagle dari Angkatan Udara AS (USAF) yang didukung KC-135 Stratotanker dikerahkan untuk begabung dengan jet-jet tempur F-15SA dari Angkatan Udara Kerajaan Saudi (RSAF) dalam latihan ini.

CENTCOM mengatakan, tujuan dilaksanakan Exercise Desert Eagle adalah untuk meningkatkan kemampuan dominasi udara di wilayah yang menjadi tanggung jawab Komando Pusat AS.

Jet-jet tempur yang terlibat dalam kegiatan ini melaksanakan pengisian bahan bakar secara cepat di landasan melalui hot pit refueling pad di Prince Sultan Air Base.

F-15E USAF

Cara pengisian bahan bakar secara cepat di darat dalam kondisi mesin pesawat masih hidup, tidak lain adalah untuk mempercepat para penerbang dan pesawatnya kembali ke udara dan melaksanakan proyeksi kekuatan udara di kawasan regional.

CENTCOM mengerahkan para teknisi dari Unit Pemeliharaan Pesawat ke-44 dan Skadron Kesiapan Logistik Ekspedisonari ke-378 dalam latihan ini.

Roni Sontani

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *