Pesawat mesin tunggal Diamond DA50 RG raih sertifikasi EASA

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pesawat mesin tunggal keluaran terbaru pabrik Diamond Aircraft, DA50 RG, berhasil meraih sertifikasi dari Badan Keselamatan Penerbangan Uni Eropa (EASA). Hal ini diumumkan pihak perusahaan pada 9 September 2020.

Dengan mendapatkan sertifikasi ini, maka pabrik Diamond Aircraft yang berasal dari Austria ini sudah dapat melaksanakan produksi massal DA50 RG.

Rencananya, pesawat pertama DA50 RG akan dikirimkan oleh Diamond Aircraft kepada pelanggannya pada kuartal pertama 2021.

DA50 RG merupakan pesawat bermesin diesel turbocharged enam silinder 300 hp (224 kW) Continental CD-300 yang telah bersertifikasi EASA. Mesin berpendingin cairan ini dilengkapi dengan sistem kontrol mesin digital otoritas penuh (FADEC) redundan ganda dengan injeksi langsung.

CD-300 dilengkapi gearbox terintegrasi dan pengatur tiga bilah baling-baling MT-Propeller MTV-12-D/210-56. Mesin ini menggunakan bahan bakar diesel, termasuk jet-A, dengan rata-rata konsumsi maksimum 9 galon/jam.

DA50 RGDiamond Aircraft

Material badan DA50 RG menggunakan komposit. Di bagian kokpit, rangkaian avionik Garmin melengkapi pesawat ini, termasuk G1000 NXi dengan standar autopilot GFC 700 tiga sumbu.

DA50 RG (Retractable Gear) merupakan pesawat dengan roda yang dapat dimasukkan ke dalam badannya. Pesawat berkapasitas lima kursi ini terbang perdana pada 28 Oktober 2019. Pesawat dapat menjelajah jarak hingga 1.389 km.

Setelah mendapatkan sertifikasi EASA, sertifikasi FAA (Administrasi Penerbangan Federal) dicanangkan bisa diperoleh pada akhir 2021.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *