Jelang latihan di kapal induk Inggris, 10 F-35B USMC sambangi RAF Marham

USMC F-35B VMFA-211USN

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Sepuluh jet tempur siluman F-35B Lightning II milik Korps Marinir Amerika Serikat (USMC) dari kesatuan Skadron Tempur Serang Marinir 211 (VMFA-211) yang berbasis di MCAS (Marine Corps Air Station) Yuma, Arizona menyambangi Pangkalan Angkatan Udara Inggris, RAF Marham, pada 3 September 2020.

Kedatangan armada F-35B USMC dari kesatuan berjulukan “Wake Island Avengers” untuk pertama kalinya ke RAF Marham ini adalah untuk memulai tugas mereka di detasemen Inggris.

Sekelompok burung besi modern itu terbang dari MCAS Yuma ke RAF Marham melalui MCAS Beaufort di South Carolina.

Di RAF Marham, VMFA-211 akan bekerja bersama Skadron 617 Inggris menjelang latihan kelompok pada bulan ini di mana VMFA-211 akan berlatih di kapal induk Angkatan Laut Kerajaan HMS Queen Elizabeth.

USMC menerangkan, sebelum terbang menuju kapal induk para pilot VMFA-211 terlebih dahulu akan melalukan pelatihan di simulator yang dibuat khusus di RAF Marham.

Tujuannya, adalah untuk membiasakan diri dengan wilayah udara lokal dan prosedurnya.

Setelah itu mereka akan terbang menuju langit Norfolk dan melakukan serangan mendadak dari udara bersama Skadron 617.

Selesai melaksanakan hal itu, barulah mereka menuju HMS Queen Elizabeth.

Kawanan F-35B ini juga akan berpartisipasi dalam Latihan Point Blank dengan rekan-rekan mereka dari RAF Lakenheath serta mitra lain dari negara-negara NATO.

Di HMS Queen Elizabeth, kedua Skuadron akan melakukan pelatihan kualifikasi kapal induk untuk memastikan semua pilot mahir beroperasi dari kapal induk selama siang dan malam.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *