Armenia rundingkan pembelian jet tempur Su-30SM gelombang kedua

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Armenia sedang menyiapkan rencana pembelian jet tempur Su-30SM gelombang kedua dari Rusia. Saat ini negosiasi perundingan sedang dilaksanakan oleh Yerevan.

“Kami berencana untuk membeli sejumlah pesawat baru. Negosiasi sedang berlangsung sekarang,” ujar Menteri Pertahanan Armenia David Tonoyan kepada Radio Liberty di Armenia pada Minggu, 30 Agustus 2020.

Tidak dijelaskan kapan penambahan empat unit Su-30SM ini akan diwujudkan.

Sebelumnya, pada awal 2019 Armenia telah membeli empat pesawat tempur Su-30SM dari Rusia. Pada saat itu dikatakan, Armenia akan membeli tambahan pesawat ini hingga 12 unit atau satu skadron, lengkap dengan suku cadang dan amunisi yang diperlukan.

Pengiriman empat pesawat Su-30SM gelombang pertama kepada Armenia telah dilaksanakan oleh Rusia pada Desember 2019. Keempat pesawat diterbangkan dari Rusia dan mendarat di Pangkalan Udara Gyumri, Armenia. 

Sebelumnya, dukungan kekuatan udara Armenia disediakan oleh MiG-29 Angkatan Kedirgantaraan Rusia yang ditempatkan di Pangkalan Udara Erebuni.

Armenia merupakan anggota Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CSTO) yang dipimpin oleh Rusia.

Dengan menjadi anggota CSTO, Armenia dimungkinkan untuk mendapatkan sistem persenjataan dari Rusia dengan harga yang lebih murah.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *