Latihan di jalan raya, Su-27 Ukraina sambar plang rambu lalu lintas

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pesawat tempur Su-27 Flanker milik Angkatan Udara Ukraina menyambar plang rambu lalu lintas saat pesawat bongsor itu melakukan latihan pendaratan dan lepas landas dari jalan raya di dekat Kiev, ibu kota Ukraina.

Pesawatnya sendiri tidak mengalami kerusakan fatal. Ukraina menyebut hal itu sebagai insiden kecil yang tidak menyebabkan kecelakaan.

Usai menyambar plang rambu lalu lintas, Su-27 yang tadinya sedang dalam proses pendaratan kembali menambah kecepatan untuk terbang lagi.

Saat Su-27 menyambar rambu lalu lintas terekam oleh video dan kemudian diunggah di media sosial. Salah satunya oleh akun twitter Defence Blog.

Rambu lalu lintas itu tersambar oleh bagian pesdawat untuk masukan udara ke mesin (inlet) sebelah kiri. Tempat kejadian adalah di Jalan Raya M06 dekat perbatasan dengan Hungaria.

Menurut keterangan, sebanyak 12 pesawat tempur dikerahkan dari Birgade Penerbangan Taktis ke-39 Angkatan Udara Ukraina dalam latihan tersebut.

Sebelum latihan dilaksanakan, pihak militer Ukraina sebenarnya sudah memindahkan halte-halte bus dan tiang lampu di Jalan Raya M06. Namun rupanya, plang rambu lalu lintas itu tidak terpikirkan akan terkena oleh pesawat Su-27.

Su-27 ukraina

Selain menggelar latihan penerbangan dari jalan raya, Angkatan Udara Ukraina juga menerbangkan pesawat-pesawat pencegat mereka dari Pangkalan Udara Zhytomyr untuk melakukan intersepsi terhadap pesawat-pesawat pembom di atas Khmelnytsky dan Volyn.

Dalam latihan tersebut, pesawat musuh dipaksa melakukan pendaratan oleh pesawat-pesawat tempur Ukraina.

Ukraina mewarisi sekira 70 unit Su-27 pasca bubarnya Uni Soviet.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *