ASELSAN mengembangkan IRST KARAT untuk Pesawat Tempur Nasional Turkiye TF-X

KARAT IRST on TF-X_ Airspace ReviewMoD
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Perusahaan ASELSAN (Askeri Elektronik Sanayi/Military Electronic Industries) dari Turkiye mengembangkan Sistem Pencarian dan Pelacakan Inframerah (IRST) KARAT untuk Pesawat Tempur Nasional (MMU) TF-X.

Sistem ini diperlihatkan di ajang Teknofest di Istanbul, Turkiye pada 27 April – 1 Mei 2023.

IRST merupakan sistem elektro-optik yang sangat penting dan berkontribusi pada kemampuan visibilitas rendah dari pesawat tempur generasi ke-5  dalam kemampuan pencarian pasif.

Selain KARAT, ASELSAN juga mengembangkan IRST TOYGUN untuk MMU, lapor media pemerintah Turki.

KARAT akan ditempatkan di depan kokpit TF-X, di belakang jendela khusus dengan penampang radar yang diperkecil.

Dengan KARAT, TF-X dapat secara pasif mendeteksi pesawat tempur musuh tanpa transmisi aktif dengan radar mereka.

Ini adalah IRST pertama yang diterapkan pada jet tempur generasi kelima.

Pada F-35 milik AS, fungsi pencarian inframerah udara ke udara dilakukan dengan sistem sensor EOTS, setara TOYGUN di bawah hidung pesawat.

Perusahaan mengatakan, KARAT akan bekerja lebih baik daripada EOTS. Sensor rahasia ini akan memungkinkan MMU untuk menyerang target darat pada saat yang bersamaan.

KARAT akan dilengkapi dengan detektor infra merah yang beroperasi di pita LWIR, sehingga memungkinkan pendeteksian target pada jarak jauh.

KARAT memiliki pelacakan multitarget, area pemindaian lebar, waktu pemindaian singkat, dan kemampuan pencitraan sudut sempit/lebar.

Sementara proyek sistem sensor elektro-optik TOYGUN yang dikembangkan oleh ASELSAN untuk TF-X dan Kizilelma terus berlanjut.

TOYGUN akan memainkan peran penting dalam memenuhi kebutuhan panduan udara ke darat pesawat dengan jarak pandang rendah.

TOYGUN juga akan dapat melakukan penandaan laser pada panjang gelombang 1.064 nm, jangkauan laser yang akurat hingga jarak minimal 35 km, pelacakan titik laser untuk deteksi dan pelacakan target yang ditandai oleh platform lain dan penyelarasan internal menurut pencitraan termal.

Sistem TOYGUN dan KARAT akan memiliki kemampuan fusi sensor khusus yang tidak ditemukan di rekan mereka.

TOYGUN dan KARAT akan bekerja sama dengan sistem pencitraan inframerah 360 derajat pada TF-X.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *