Airbus siap kirim heli ringan UH-72B Lakota kepada US Army tahun depan

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Airbus Helicopters siap untuk mengirimkan helikopter utilitas ringan UH-72B Lakota kepada Angkatan Darat Amerika Serikat (US Army) tahun depan. Hal ini diumumkan Airbus pada pameran dagang virtual Asosiasi Garda Nasional pada 28 Agustus 2020.

Tahap pertama sebanyak 17 unit UH-72B akan dikirimkan oleh Airbus tahun depan dari pesanan yang telah dibuat tahun ini.

Sebelumnya, Airbus telah memasok 460 unit UH-72A kepada US Army, US Navy, dan Garda Nasional.

Produksi UH-72A terakhir, yaitu yang ke-463, akan diluncurkan dari jalur produksi Airbus di Columbus, Missouri pada September tahun ini.

Berbeda dengan varian A, varian B dari UH-72 mengikuti desain H145 dalam hal penggunaan rotor ekor Fenestron.

Model B juga menggunakan mesin yang lebih bertenaga serta avionik terbaru Airbus Helionix.

“Sejak pertama kali kami memulai operasi dengan UH-72 Lakota sekitar 15 tahun yang lalu, helikopter ini telah menjadi pekerja keras di Angkatan Darat dan Garda Nasional, menyelamatkan nyawa, membantu dalam bantuan bencana, melatih ribuan pilot, dan, yang lebih penting, membantu melindungi komunitas kami dan negara kami,” kata Kolonel Calvin Lane, Manajer Proyek Angkatan Darat untuk helikopter utilitas seperti Airspace Review kutip dari Defense News.

Sejak dimulainya program pada tahun 2006, Angkatan Darat dan Garda Nasional telah mengakumulasikan hampir 800.000 jam terbang menggunakan UH-72.

Heli ini digunakan untuk pelatiah pilot sayap putar US Army di Fort Rucker, Alabama maupun misi lainnya seperti evakuasi medis, bantuan bencana, dan operasi pengawasan perbatasan.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *