Russian Helicopters luncurkan heli serang varian Mi-35P terbaru

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Russian Helicopters, bagian dari Rostec State Corporation, telah meluncurkan seri produksi heli serang terbaru hasil peningkatan kemampuan dari Mi-35P di pabrik Rostvertol.

Mi-35P hasil modernisasi ini dilengkapi dengan sistem penglihatan oberservasi OPS-24N-1L dengan thermal imager matriks gelombang panjang generasi ketiga, kamera TV, dan laser rangefinder.

Helikopter ini juga dilengkapi dengan night vision goggles (NVG) modern generasi ketiga-plus serta satu set peralatan pencahayaan eksternal dan internal sesuai kebutuhan.

Kemudian ada sistem kontrol penerbangan digital baru yang meningkatkan pengendalian dan stabilitas helikopter serta menyediakan otomatisasi proses uji coba untuk mendukung pilot.

Pengujian tersebut dilakukan untuk menghasilkan desain akhir helikopter yang akan dibuat menjadi seri produksi massal.

Mi-35P juga dilengkapi sistem penargetan dan komputasi modern yang akan meningkatkan akurasi keterlibatan target.

Heli ini dipersenjatai dengan meriam laras ganda bergerak kaliber 23 milimeter dan roket S-8. Dapat juga dipasangi kontainer meriam kaliber 23 mm, roket S-13, Ataka ATGM dengan sistem kontrol saluran ganda, serta peluru kendali Vikhr-1 atau Vikhr-1M.

Perusahaan mengatakan, Mi-35P dikembangkan dari keluarga Mi-24 yang legendaris di berbagai pertempuran udara dan kini dilengkapi dengan avionik terbaru buatan Rusia.

“Tahun lalu kami mendemonstrasikan heli tersebut kepada sejumlah pelanggan potensial dan hari ini kami katakan bahwa helikopter ini diminati. Kami telah meluncurkan produksi serial Mi-35P di bawah kontrak pertama dengan pelanggan asing,” kata Direktur Jenderal Russian Helicopters Andrey Boginsky.

Mi-35P
Evgeny Baranov

Peningkatan kinerja sistem penerbangan dan navigasi, memungkinkan Mi-35P dapat terbang setiap saat sepanjang hari dalam kondisi cuaca sederhana maupun cukup sulit, baik secara visual maupun instrumen. Heli ini dapat terbang pada kondisi geografis beragam.

Russian Helicopters memperlihatkan Mi-35P di forum teknis dan militer Army-2020 di Kubinka, Wilayah Moskow pada 23-29 Agustus 2020 serta mendemonstrasikan kemampuan helikopter terbarunya ini.

Russian Helicopters didirikan pada 2007 dan berkantor pusat di Moskow. Perusahaan ini menaungi lima pabrik perakitan helikopter, dua biro desain, perusahaan produksi dan pemeliharaan komponen, pabrik perbaikan pesawat terbang, serta satu perusahaan layanan helikopter yang menyediakan dukungan purna jual di Rusia dan di luar negeri.

Pelanggan Russian Helicopters di antaranya adalah Kementerian Pertahanan, Kementerian Dalam Negeri, EMERCOM Rusia, perusahaan-perusahaan besar dalam negeri, dan pelanggan-pelanggan dari luar negeri.

Roni Sontani

One Reply to “Russian Helicopters luncurkan heli serang varian Mi-35P terbaru”

  1. TNI-AD cocok nih nambah hingga full 1 ska lengkap (7-11 heli). Plus yg ada di modif spt ini (pake meriam 23mm gerak, gantikan meriam statis plus instrumen segala cuaca)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *