Kerahkan bomber dan fighter, AS geber latihan tempur udara di Pasifik

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Amerika Serikat mengerahkan sejumlah pesawat pembom dan penempurnya dalam latihan tempur udara yang dilaksanakan bersama Jepang di kawasan Indo-Pasifik. Latihan ini juga diikuti oleh sejumlah negara mitra yang tidak disebutkan.

Departemen Pertahanan Amerika Serikat (DoD) pada Selasa (18/8) mengumumkan, latihan dilaksanakan selama lebih dari 24 jam.

“Empat pembom B-1 Lancer, dua pembom siluman B-2 Spirit, dan empat jet tempur F-15C Eagle melaksanakan misi latihan secara simulatan bersama dengan negara-negara di Indo-Pasifik lebih dari 24 jam,” tulis Departemen Pertahanan dalam rilis seperti dikutip dari Sputnik.

Misi-misi kekuatan udara secara simultan, tambah DoD, dilaksanakan untuk mendemonstrasikan kemampuan Amerika Serkat mengerahkan kekuatan untuk mempertahankan teater Indo-Pasifik.

Dua pembom B-1 dari Guam bergabung dengan dua B-1 yang didatangkan langsung dari Dyess Air Force Base, TexasAmerika Serikat. Mereka bergabung dengan Gugus Pemukul Reagan dari Korps Marinir.

AS juga mengerahkan sejumlah F-35 Lightning II yang berbasis di Jepang. Sementara Jepang mengerahkan F-15J.

Ikut bergabung dalam latihan di atas Pasifik ini adalah pembom siluman B-2 Spirit yang ditempatkan di Diego Garcia untuk mendukung kekuatan Angkatan Udara Pasifik (PACAF).

Pesawat-pesawat tersebut melakukan latihan di atas Laut Jepang dan Samudra Hindia.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *