TNI AU – USPACAF latihan Aeromedical Evacuation menggunakan C-130J

C-130J TNI AU - USPACAFTNI AU

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – TNI Angkatan Udara dan United States Pacific Air Forces (USPACAF) mengadakan latihan Evakuasi Medis Udara (Aeromedical Evacuation) sebagai rangkaian kegiatan Pacific Airlift Rally (PAR) 21 di Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Rabu (8/9/2021).

Skenario latihan berfokus kepada penanganan pasien saat terjadi bencana (mass casualties).

Penanganan pasien dimulai dari pembagian pasien menjadi tiga level melalui Triase.

Level pertama adalah Immediate di mana pasien harus segera dievakuasi dengan pesawat.

Kedua adalah level Triase Delay di mana kondisi pasien tidak terlalu mendesak untuk dievakuasi dengan pesawat.

Dan ketiga, adalah level Triase Minor di mana pasien hanya mengalami luka atau cidera ringan.

Dalam skenario ini, disimulasikan lima pasien status Immediate.

Masing-masing mengalami cidera kepala, luka pada mata karena benda tajam, luka bakar derajat dua di lengan dan kaki, open fracture atau fraktur terbuka pada  kaki kanan, dan trauma organ dalam pada perut sehingga harus segera di evakuasi dengan pesawat.

Kegiatan ini juga memberikan pelatihan mengenai cara memasukkan pasien menggunakan tandu untuk dievakuasi ke dalam pesawat dan penataan posisi pasien dalam pesawat C-130J Super Hercules milik United States Air Force (USAF) yang digunakan untuk latihan Aeromedical Evacuation.

Skenario latihan disiapkan dan dipimpin oleh tim gabungan TNI AU – USPACAF dengan Letkol Kes dr. Yanuar Sastranegara Sp.OT dan Mayor Kes dr. Klara Sinabutar Sp.KP., sebagai Medical Planner dari TNI AU. Sementara Lt Col. dr. Cherie Gabriele sebagai Medical Planner dari USPACAF.

TNI AU aeromedical evacuation PAR 21TNI AU

Seperti disiarkan oleh Dispenau, kegiatan melibatkan 30 peserta, terdiri dari 12 orang dari TNI AU, 6 orang dari USPACAF, dan 12 orang dari gabungan RSU Provinsi NTB, PMI NTB, RS Kota Mataram, dan Lanal Mataram.

Latihan ini diakhiri dengan penyerahan sertifikat dari USPACAF yang diwakili oleh  Lt Col dr. Cherie Gabriele kepada Letkol Kes dr. Yanuar Sastranegara, Sp.OT.

Kegiatan latihan diikuti oleh perwakilan dari Klinik Lanud TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid (ZAM), RSAD Korem 162/WB, Balai Kesehatan Lanal Mataram, Biddokes Polda NTB, BPBD Kota Mataram, dan Dinas Kesehatan Provinsi Mataram.

RNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *