SAM memulai produksi komponen Gripen E/F di luar Swedia

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Saab Aeronáutica Montagens (SAM), pabrik aerostruktur pertama Saab di luar Swedia memulai produksi komponen-komponen pesawat tempur Gripen E/F untuk Angkatan Udara Brasil.  

Pabrik tersebut berada di São Bernardo do Campo, sebuah kota di daerah metropolitan São Paulo, Brasil.

Setelah diproduksi, komponen-komponen tersebut selanjutnya akan dikirim ke fasilitas perakitan akhir pabrik Embraer di Gavião Peixoto, São Paulo, Brazil dan ke Linköping, Swedia.

Seperti diketahui, pada 2014 Saab telah menandatangani kontrak dengan pemerintah Brasil untuk pengembangan dan produksi 36 pesawat Gripen E/F.

September tahun lalu, pesawat Gripen E telah berhasil memulai program uji penerbangan.

Seperti Airspace Review kutip dari siaran berita Saab (7/7), kerucut ekor dan badan pesawat Gripen E adalah struktur pertama yang diproduksi di SAM.

Selanjutnya adalah rem aerodinamis, badan pesawat bagian belakang, kotak sayap, dan badan pesawat bagian depan Gripen F.

Kepala Area Bisnis Saab Aeronautics, Jonas Hjelm, mengatakan dilaksanakannya produksi komponen-komponen pesawat Gripen E/F di Brasil merupakan bagian dari transfer teknologi (ToT) program Gripen dengan Brasil.

“Berdasarkan pelatihan teoretis dan praktis para insinyur dan para perakit pesawat Brasil di Linköping kami dapat membangun jalur produksi yang sangat berkualitas di SAM, mengikuti standar yang kami miliki di pabrik kami di Swedia,” jelasnya.

Saat ini SAM memiliki lebih dari 70 karyawan yang berkualifikasi tinggi. Lebih dari setengahnya telah berpartisipasi dalam Program ToT di Swedia.

Mereka adalah para karyawan yang telah menyelesaikan pelatihan dan kembali untuk memulai produksi  Gripen di Brasil.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *