Siapa berminat, Rusia tawarkan T-14 Armata dan S-400 Triumf

T-14 ArmataVitaly V. Kuzmin

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Rusia mulai melakukan promosi produksi terbaru tank tempur utama (MBT), T-14 Armata, kepada negara-negara peminat. Kepala Dinas Federal Rusia untuk Kerja Sama Teknik dan Militer, Dmitry Shugayev, mengatakan hal itu saat diwawancarai oleh surat kabar online Serbia, Glas javnosti, Minggu (5/7).

Tidak hanya tank, sistem pertahanan udara seperti S-300 dan S-400 Triumf pun ditawarkan Moskow untuk diekspor ke negara-negara lain.

“Kami juga menyiapkan jet tempur ringan MiG-35 untuk diekspor,” kata Shugayev seperti Airspace Review kutip dari pemberitaan TASS pada hari Senin.

Sebelumnya, Menteri Industri dan Perdagangan Rusia, Denis Manturov, pada April lalu mengatakan, Rusia telah menyiapkan tank Armata untuk dapat diekspor mulai tahun 2021.

Tank ini, kata Manturov, telah diuji coba langsung di medan tempur Suriah.

“Mereka telah digunakan di medan perang di Suriah dengan segala nuansanya,” ujarnya.

T-14 merupakan MBT keluarga Armata. Kendaraan lapis baja ini juga dibuat dalam versi kendaraan tempur infanteri (IFV), kendaraan pengangkut pasukan, dan jenis kendaraan tempur lainnya.

Tank Armata pertama kali diperlihatkan kepada publik dalam Parade Hari Kemenangan di Lapangan Merah, Moskow pada 9 Mei, 2015.

Tank ini merupakan tank tempur modern yang mengusung sistem digital penuh, turet tak berawak, dan sistem perlindungan kapsul untuk awaknya.

Sementara itu Alexander Potapov, CEO Uralvagonzavod, pembuat tank Armata, saat diwawancara harian Vedomosti pada 3 Februari mengatakan, kelompok pertama tank Armata akan diserahkan kepada Angkatan Bersenjata Rusia untuk menjalani uji lapangan tahun 2020 ini.

T-14 Armata dilengkapi kanon 125 mm smoothbore desain baru. Meriam ini pun dapat diganti dengan kaliber yang lebih besar yaitu 152 mm.

Untuk persenjataan sekunder, T-14 dilengkapi satu senapan mesin kaliber 7,62mm RWS yang dipasang di atas turet.

Tank ini juga dilengkapi dengan Active Protection System (APS) Afghanit yang dirancang dapat melindungi tank dari serangan rudal anti-tank dan roket, roket peluncur granat (RPG).

Roni Sontani

3 Replies to “Siapa berminat, Rusia tawarkan T-14 Armata dan S-400 Triumf”

  1. Pak Menhan pas kemaren ke Rusia pasti juga ditawarin nih barang, cuma apa daya intervensi mamariki dan keuangan blm memungkinkan.

    T-90, pantsir, Buk ama Mig-35 aja gpp koq pak Menhan. Sebagai sdikit obat krn gagal punya Su-35 ama triumpf.

    #edisingarepp =D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *