Perusahaan elektronik Rusia meng-upgrade Mi-24 jadi setara Mi-28NM

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Grup Teknologi Radio-Elektronik Rusia (KRET), bagian dari Perusahaan Negara Rostec, sedang melakukan pekerjaan peningkatan kapabilitas (upgrade) heli serang Mil Mi-24 ke tingkat tempur yang lebih tinggi yaitu setara Mi-28NM.

CEO Rychag Company (perusahaan di bawah naungan KRET), Alexei Panin, mengatakan bahwa perangkat-perangkat elektronika yang tidak tertandingai sedang dipasang pada Mi-24.

“Perangkat bantuan defensif yang tak tertandingi baik di Rusia maupun di dunia sedang dipasang di helikopter. Perangkat ini dikembangkan oleh perusahaan Stella-K dan memberikan perlindungan terhadap helikopter dari senjata paling canggih, serta melakukan pengintaian teknis radio dan gangguan,” ujarnya seperti Airspace Review kutip dari pemberitaan TASS, (26/6).

Setelah selesai proses upgrade nantinya, heli ini akan menjadi helikopter baru dengan beragam peralatan elektronik buatan KRET. Kemampuannya setara dengan helikopter yang benar-benar baru.

Kabin pilot dibuat menggunakan prinsip glass cockpit. Heli dilengkapi beragam peralatan yang memungkinkan pengoperasian pada siang dan malam hari, dalam berbagai kondisi cuaca, dan pada ketinggian rendah. Heli ini dilengkapi pemetaan digital untuk penerbangan visual maupun instrumen.

Demikian juga dengan sistem kontrol senjata terbaru, akan memungkinkan peningkatan daya tembak tempur menggunakan peluru kendali jarak jauh.

Sebelumnya pada Februari 2020, Rostec mengumumkan bahwa heli Mi-28NM akan dipersenjatai dengan rudal udara ke udara jarak dekat R-74M.

Rudal yang dikenal sebagai RVV-MD ini merupakan rudal anti-pesawat buatan Vympel NPO. Rudal ini dikembangkan dari basis R-73 (NATO: AA-11 Archer) yang mulai beroperasi sejak 1984 sebagai lawan tanding AIM-9 Sidewinder dari Amerika Serikat.

Seperti Airspace Review kutip dari pemberitaan Izvestia saat itu, Kementerian Pertahanan Rusia menyebutkan bahwa pengintegrasian R-74M terhadap Mi-28NM telah mendekati rampung.

Roni Sontani

2 Replies to “Perusahaan elektronik Rusia meng-upgrade Mi-24 jadi setara Mi-28NM”

  1. Mi-24 Hind diupgrade jadi Mi-28 Havoc? Atau mungkin maksudnya Mi-24 diupgrade jadi setara Mi-28NM ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *