Prototipe MC-21-300 lanjutkan penerbangan setelah jalani pengecatan

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Prototipe pesawat MC-21-300 kembali ke Lapangan Terbang Ramenskoye (Zhukovsky) di luar wilayah Moskow untuk melanjutkan uji penerbangan setelah menjalani pengecatan di Spektr-Avia, Ulyanovsk.

Pesawat untuk pengujian ini didesain berkapasitas angkut maksimum 211 penumpang di kelas ekonomi.

Konfigurasi ini telah dipilih untuk pengujian sertifikasi kabin penumpang termasuk uji keluar dari kabin dalam keadaan darurat.

Saat ini di kabin pesawat tersebut ada 172 kursi penumpang, peralatan kontrol dan pengukuran, serta stasiun kerja untuk para insinyur penguji.

Sebelum melanjutkan uji penerbangan, konfigurasi kabin akan dikembalikan ke konfigurasi penuh.

Pihak perusahaan mengatakan, MC-21 memiliki keunggulan, yaitu badan pesawat terluas di kelasnya. Hal ini memungkinkan pelanggan untuk memilih tata letak dengan peningkatan lorong atau dengan kursi yang lebih nyaman.

Secara khusus, tata ruang padat maksimum MC-21-300 dirancang khususnya untuk maskapai berbiaya rendah.

Prototipe pertama MC-21 terbang perdana pada 28 Mei 2017. Pesawat ini dirancang oleh Biro Desain Yakovlev dan diproduksi oleh Irkut, bagian dari United Aircraft Corporation (UAC).

Perancangan pertama dilaksanakan tahun 2006 dan sempat mengalami penundaan. Pada 8 Juni 2016, prototipe MC-21-300 diluncurkan untuk pertama kali oleh Irkut.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *