Excalibur Army siap pasok Ukraina dengan 15 sistem senjata antipesawat Viktor

Viktor Antiaircraftzbraneproukrajinu.cz
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Perusahaan asal Ceko, Excalibur Army, telah menyelesaikan produksi 15 sistem senjata antipesawat mobile (bergerak) Viktor untuk Ukraina.

Sistem ini dirancang untuk melawan drone intai-serang, drone kamikaze serta pesawat dan helikopter yang terbang rendah.

Boeing_contoh2

Viktor dipersenjatai dengan kanon antipesawat ganda KPV kaliber 14,5 mm yang dipasangkan pada sasis pick-up Toyota yang telah dimodifikasi.

Kanon anti pesawat yang digunakan adalah jenis ZPU-2 yang dikembangkan era Uni Soviet, pertama kali diperkenalkan pada akhir 1940-an.

ZPU-2 dirancang untuk memberikan pertahanan udara bergerak untuk pasukan darat dan sering digunakan untuk melindungi target penting seperti jembatan, lapangan udara, dan depot pasokan.

Kanon ganda ZPU-2 dapat mengikat target udara dengan jangkaun hingga 2 km, juga mampu melawan target darat seperti kendaraan lapis baja dan personel pada jarak hingga 4 km.

Mengutip Army Recognition, sebelumnya pada 31 Desember 2022, kampanye crowdfunding Ceko “Gift for Putin” berhasil mengumpulkan dana untuk membeli 15 sistem pertahanan udara jarak pendek Viktor untuk diserahkan ke Ukraina.

-RBS-.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *