Pesawat militer Ilyushin akan dilengkapi sistem pertahanan anti-rudal

Il-76MD-90AUAC

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pesawat militer Rusia, Ilyushin Il-76MD-90A dan Il-78M-90A akan dilengkapi dengan sistem pertahanan elektronik anti-rudal untuk perlindungan pesawat dari serangan rudal-rudal darat ke udara.

Kepala Desainer Perusahaan Radiopribor, Yevgeny Glebov, mengatakan perangkat bantuan pertahanan ini berupa stasiun pengacau aktif sistem elektronik yang ada pada rudal. Sehingga arah rudal dapat dibelokkan.

Rudal darat ke udara, kata Glebov, memiliki dua prinsip operasi berupa radar homing warhead dan infrared active guidace warhead.

“Itulah sebabnya, rangkaian alat bantu pertahanan ini mencakup stasiun pengacau yang secara aktif akan mempengaruhi emisi terbang rudal dan memberinya arah yang salah sehingga rudal bergerak ke samping,” jelasnya seperti Airspace Review kutip dari TASS (25/6).

Stasiun pengacau elektronik rudal akan dipasang pada pesawat Il-76MD-90A dan pesawat tanker udara terbaru Il-78-90A.

Il-76MD-90A
Artur Shaikhutdinov/TASS

Il-78-90A merupakan versi peningkatan menyeluruh dari basis pesawat angkut militer Il-76MD. Pesawat ini dilengkapi dengan sistem kontrol otomatis dan sistem navigasi serta komunikasi terbaru, sehingga membantu keakuratan saat pesawat melakukan pendaratan.

Modifikasi terbaru dari pesawat angkut militer Rusia ini dapat dibedakan dari peralatan barunya seperti glass cockpit, mesin modern PS-90A-76, sayap yang telah dimodifikasi, dan roda pendarat yang lebih kokoh.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *