Pantauan Idul Fitri 1441 H di berbagai tempat oleh Tim Drone FASI

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 H pada 24 Mei 2020, sebagian besar dijalani oleh umat Islam di Indonesia dengan berdiam diri di rumah masing-masing. Hal ini sesuai dengan himbauan dari pemerintah untuk melaksanakan Salat Id di rumah dan bersilaturahim dengan kerabat maupun teman secara virtual.

Pantauan oleh Tim Drone Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) di berbagai tempat memperlihatkan suasana lengang di jalan-jalan protokol.

Meski demikian, ada beberapa tempat yang tetap menyelenggarakan Salat Id.

Tim Drone FASI yang telah memperoleh perizinan resmi, melaksanakan pemantauan dari udara di beberapa kota. Tim melakukan kegiatan pemotretan maupun pengambilan video dari udara menggunakan drone.

Berikut beberapa hasil pantauan yang Airspace Review dapatkan dari Pusat Potensi Dirgantara TNI Angkatan Udara. Sejumlah foto juga diunggah di akun instagram Cinta Dirgantara milik Puspotdirga:

Riau
Fitri Defi/FASI Riau

Kota Pekanbaru di Bumi Lancang Kuning, Riau tampak sepi pada Minggu (24/5) pagi karena tidak ada Salat Id di masjid maupun di lapangan.

Simpang Jatinegara
Rian Septiandi/FASI Kompas

Suasana lengang di Simpang Jatinegara, Jakarta Timur pada pukul 06.30 WIB, Minggu (24/5). Terlihat Gereja GPIB Koinonia yang sejak dahulu jadi ikon fotografi tentang kerukunan umat beragama di Indonesia. Masyarakat sudah paham berlebaran di rumah saja untuk kepentingan bersama.

Lebaran di Kemang Pratama
Gatot Herliyanto/FASI Ikatan Droner Indonesia

Salat Id di Kemang Pratama Bekasi, Jawa Barat. Tetap menerapkan protokol kesehatan termasuk Physical Distancing, penggunaan masker, dan pengecekan suhu badan.

Sholat Id di Jogja
Febian Deri/FASI Jogja

Tampak suasana Salat Id di Masjid Jogokaryan, Yogyakarta pada Minggu 24 Mei 2020 Pukul 07.30 WIB. Salat Id diselenggarakan hingga ke jalanan dengan mengikuti protokol kesehatan di tengah penanggulangan COVID-19.

Denpasar
Eka Putra/FASI Bali

Suasana pada Minggu (24/5) pagi di Simpang Catur Muka Km 0, Denpasar, Bali. Tampak lengang dan hanya beberapa orang saja yang terlihat.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *