Varian baru jet latih Angkatan Laut China JL-9 “Sword Fish” telah mengudara

AIRSPACE REVIEW (arispace-review.com) – China terus melakukan lompatan dalam melahirkan produk-produk industri pertahanannya. Kali ini varian terbaru jet latih AVIC Guizhou JL-9 (FTC-2000) Mountain Eagle telah berhasil mengudara.

Pesawat akan digunakan untuk melatih pilot-pilot penerbangan Angkatan Laut China (PLANAF)

Penerbangan perdana varian baru JL-9 tersebar di media sosial China dan disinyalir telah terlaksana beberapa minggu lalu.

JL-9 varian terbaru terlihat memiliki desain baru pada bagian ekor dan adanya perpanjangan di bagian ujung sayap. Hanya saja, tidak terlihat tailhook di pesawat ini.

Spekulasi beredar, pesawat tidak akan digunakan untuk latihan di kapal induk, melainkan untuk melatih para pilot angkatan laut di landasan darat.

JL-9
AVIC

Nama varian terbaru prototipe pesawat JL-9 diduga adalah “Sword Fish”. Seperti dilaporkan Flight Global (14/5), hal ini teridentifikasi dari foto penerbangan perdana pesawat ini dan emblem yang dikenakan pilot.

Angkatan Laut China (PLAN) saat ini telah memiliki dua kapal induk yaitu Liaoning dan Shandong. Beijing terus melakukan perkuatan, baik dari sisi sumber daya manusia maupun sistem persenjataannya.

JL-9 Mountain Eagle aslinya dibuat untuk Angkatan Udara China (PLAAF). Prototipe pesawat ini mengudara pertama kali pada 13 Desember 2003. Pesawat telah digunakan oleh PLAAF dan juga diekspor ke Sudan.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *