Militer Jepang akan dapatkan tambahan panser Type 16 MCV

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kementerian Pertahanan Jepang akan membeli tambahan Type 16 MCV (Maneuver Combat Vehicle). Hal ini tertuang dalam dokumen berjudul Program Pertahanan dan Anggaran Jepang versi 2020 yang diterbitkan pada akhir Maret lalu.

Pengadaan kendaraan tempur (ranpur) yang bisa dimuat dalam pesawat angkut Kawasaki C-2 ini akan memperkuat kemampuan penyebaran cepat unit-unit operasional dasar (divisi penempatan cepat dan brigade penyebaran cepat).

Berdasarkan dokumen anggaran tersebut, Pasukan Bela Diri Darat Jepang (JGSDF) meminta 33 kendaraan Tipe 16 tambahan dengan nilai 2,2 miliar dolar AS atau setara 23,7 miliar yen.

Type 16 adalah ranpur jenis panser kanon yang dirancang untuk pertahanan teritorial ringan dan menengah serta pengintaian taktis.

Peran utama ranpur ini adalah untuk memberikan dukungan tembakan langsung untuk unit infanteri.

Selain itu Type 16 juga dapat bertempur melawan panser atau tank serta membongkar bangunan dan benteng lawan.

Sebagai persenjataan utama panser kanon 8X8 ini dilengkapi meriam kaliber 105 mm yang kompatibel dengan amunisi standar NATO.

Untuk menghadapi target lunak, Type 16 dibekali senapan mesin 7,62 milimeter yang dipasang secara koaksial di sebelah meriam. Sementara senapan mesin kaliber 12,7 mm bertengger di kubah untuk pertahanan antipesawat.

type 16 MCV
Wikipedia

Type 16 sendiri tergolong panser kanon modern yang dirancang di era milenium baru pada 2007 oleh Mitsubishi Heavy Industries. Prototipenya muncul pertama kali pada 2015.

Type 16 memiliki berat 26 ton dengan tampilan bersiluet rendah. Kendaraan ini berdimensi panjang 8,45 m, lebar 2,98 m, dan tinggi 2,87 m. Kabinnya memuat empat orang awak.

Panser dengan sistem penggerak 8×8 ini mengandalkan mesin turbo diesel dengan kapasitas 11.300 cc dan menghasilkan daya 570 hp. Kecepatan maksimumnya 100 km/jam dengan jangkauan operasi 400 km.

Diketahui, Militer Jepang pada gelombang pertama telah mengadopsi sebanyak 36 unit Type 16 pada 2016. 

Kebutuhan total untuk disebar di seluruh pulau Jepang berada di kisaran 300 unit atau kurang dari setengah yang ditargetkan semula yaitu sebanyak 760 unit.

Rangga Baswara Sawiyya

editor: ron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *