Rosoboronexport perkenalkan kapal-kapal terbaru AL Rusia kepada mitra asing

KarakurtROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Rosoboronexport JSC, bagian dari Rostec, memperkenalkan model terbaru kapal-kapal perang Angkatan Laut Rusia serta sistem pengawasan dan pertahanan pesisir kepada para pelanggan asing di International Maritime Defense Show (IMDS) 2021 yang berlangsung di St. Petersburg pada 23 hingga 27 Juni 2021.

Dalam pameran ini, Rosoboronexport sekaligus menjadi peserta pameran dan sponsor.

CEO Rosoboronexport Alexander Mikheev mengatakan, pihaknya telah mengundang delegasi dari lebih 70 negara ke IMDS 2021.

“Sebagai salah satu pelopor, kami sangat senang dan mencatat bahwa pertunjukan tersebut telah berkembang secara kualitatif dan sejajar dengan pameran terkemuka dunia,” ujarnya.

Ditambahkan, Rosoboronexport siap mengembangkan kerja sama militer-teknis yang kuat dengan para mitra asing di sektor angkatan laut.

Di segmen ini, Rosoboronexport telah mencapai sekitar 5,5 miliar USD termasuk kontrak untuk memasok dan membangun bersama kapal permukaan maupun kapal selam serta proyek infrastruktur.

Di IMDS 2021 Rosoboronexport menampilkan model skala dari kapal selam diesel-listrik besar Project 636, korvet kelas Tigr Project 20382, kapal selam diesel-listrik Project 677E Amur 1650, korvet Project 22800E Karakurt-E, dan sistem rudal pertahanan pantai Rubezh-ME.

Saat ini Rosoboronexport sedang mempertimbangkan pasokan korvet Karakurt-E ke enam negara.

Selain itu, sebanyak delapan pelanggan asing telah menunjukkan minat yang kuat terhadap Rubezh-ME.

Rosoboronexport menawarkan peralatan-peralatan terbaru yang juga digunakan oleh Angkatan Laut Rusia.

Antara lain korvet Project 22800 (versi ekspor – Project 22800E Karakurt-E). Kapal ini memiliki daya tembak sebanding dengan fregat. Kapal dilengkapi dengan sistem rudal terintegrasi Club-N dan sistem meriam/rudal antipesawat multisaluran Pantsir-ME.

Rubezh-ME, sistem rudal pertahanan pantai ini memungkinkan kendaraan peluncur tunggal untuk mencari dan menyerang target dengan mengintegrasikan sejumlah subsistem ke dalam satu platform. Satu grup penyerang terdiri dari delapan kendaraan peluncur.

Rubezh-MEN Novichkov

Rubezh-ME.

Kapal selam diesel-listrik Project 677 (versi ekspor – Project 677E Amur-1650) merupakan kapal selam generasi terbaru yang menggabungkan teknologi dan material paling canggih.

Amunisi Project 6777E termasuk rudal Club-S yang mampu menyerang kapal musuh dan target darat serta torpedo dengan jarak tembak hingga 50 km.

Kemudian fregat multiguna Project 22350 (versi ekspor – Project 22356) merupakan kapal berteknologi tinggi dari generasi terbaru.

Kapal ini disesuaikan dengan sempurna untuk operasi di zona laut dan samudra yang jauh. Perangkat persenjataannya mencakup sistem rudal terintegrasi Club-N dan sistem meriam 130-mm A-192M dengan jangkauan 22 km.

Pertahanan udara disediakan oleh sistem SAM multi-saluran Rif-M dengan menembakkan dua jenis rudal jarak menengah dan pendek serta dua sistem senjata jarak dekat (CIWS) Palma.

Sistem torpedo antikapal selam berukuran kecil Paket-E/NK juga melengkapi untuk melindungi kapal dari serangan kapal selam dan torpedo musuh.

Selanjutnya kapal patroli lepas pantai Project 22160. Kapal ini sangat cocok untuk berpatroli di wilayah laut dan samudra yang luas termasuk wilayah yang terletak cukup jauh dari pangkalan.

Project 22610 dilengkapi dengan helikopter berbasis dek dan dua kendaraan udara tak berawak, sebuah kapal serbu amfibi dan kapal motor berkecepatan tinggi.

Di masa perang, kapal dapat dilengkapi dengan senjata modular dan melindungi jalur laut pesisir, pangkalan angkatan laut, dan wilayah laut.

Aleksandr ObukhovMil.ru

Lalu kapal penyapu ranjau pesisir Proyek 12700 Alexandrit (versi ekspor – Proyek 12701). Kapal ini dilengkapi dengan sistem penanggulangan ranjau mutakhir untuk mencari dan menetralisir ranjau di depan jalurnya dan menyapu.

Kapal mampu secara efektif melindungi pangkalan angkatan laut, zona ekonomi eksklusif, kapal dan transportasi selama perjalanan laut, mendeteksi dan menghancurkan ladang ranjau, dan melakukan pengintaian ranjau.

RNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *