Rusia bangun pangkalan udara untuk helikopter di Suriah

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Rusia membangun pangkalan udara baru untuk helikopter di Provinsi Raqqa, Suriah. Pangkalan udara ini akan digunakan bersama oleh Angkatan Kedirgantaraan Rusia (VKS) dengan Angkatan Udara Suriah (SAF).

Untuk rencana tersebut, delegasi dari Angkatan Bersenjata Rusia dan Angkatan Bersenjata Suriah baru-baru ini sudah mendatangi wilayah selatan kota Madan yang terletak 50 km sebelah tenggara dark pusat ibu kota Raqqa yang akan dijadikan pangkalan udara baru tersebut.

Seperti Airspace Review pelajari dari pemberitaan EurAsia Daily (17/4), di tempat tersebut akan dibangun helipad dan tempat parkir sejumlah helikopter.

Pembangunan pangkalan udara untuk helikopter, salah satunya adalah mendukung pendistribusian logistik dan peralatan ke Suriah melalui udara, khususnya helikopter.

Selain itu, dengan adanya pangkalan helikopter ini dapat membantu pemerintah Suriah melaksanakan dukungan udara terhadap pasukan-pasukan yang sedang bertugas di wilayah tersebut.

Madan berhasil diambil alih oleh Angkatan Bersenjata Suriah pada 2017 dengan bantuan dari dinas penerbangan Rusia.

Akhir-akhir ini wilayah selatan Madan, khususnya Jebel Beshiri, merupakan daerah rawan untuk dilintasi karena munculnya grup-grup kelompok pemberontak Daesh.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *