Inggris siagakan armada jet tempur Typhoon di Lithuania

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Udara Inggris (RAF) menyiagakan armada jet tempur Eurofighter Typhoon di Lithuania. Kawanan burung besi bersayap delta itu dikerahkan dari Skadron Nomor 6 RAF yang bermarkas di RAF Lossiemouth, Skotlandia.

Keberadaan Typhoon di Lithuania didukung oleh Detasemen RAF yang bergtugas di sana. Typhoon akan menjalankan tugas Patroli Udara (Air Policing) NATO di kawasan Baltik.

Komandan Detasemen RAF Letnan Kolonel Stu Gwinnutt mengatakan, pengiriman armada udara pesawat tempur ke kawasan Baltik merupakan kegiatan rutin yang telah dilakukan.

“Ini adalah pengiriman keenam oleh Kerajaan Inggris untuk misi Patroli Udara di kawasan Baltik. RAF merupakan negara NATO ketiga yang menjalankan misi penting. Misi ini sekaligus menunjukkan bahwa Inggris tetap menjadi anggota NATO terkemuka yang dapat diandalkan dan terhubung dengan baik,” ujarnya seperti Airspace Review kutip dari pemberitaan UKDJ, 17 April.

NATO Air Policing merupakan misi kolektif yang dilakukan oleh anggota-anggota NATO untuk menjamin keamanan dan integritas wilayah udara Sekutu.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *